Edi Kamtono Cabut Izin Pengembang Yang Buka Lahan dengan Cara Membakar

Hasil investigasi kita bahwa dugaanya yang membakar merupakan peladang, dan itu kurang lebih lahan yang terbakar hampir lima hektare

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ HAMDAN
Wali Kota Pontianak, Edi Kamtono saat diwawancara wartawan 

PONTIANAK - Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono menuturkan bahwa kebakaran lahan yang terjadi Jln Paris II ujung tersebut berada di antara perbatasan Kota Pontianak dan Kubu Raya, Kalimantan Barat.

Pihaknya juga telah melakukan investigasi dan melakukan pengecekan di lapangan, bahwa lokasinya berada jauh dengan pusat jalan raya.

"Hasil investigasi kita bahwa dugaanya yang membakar merupakan peladang, dan itu kurang lebih lahan yang terbakar hampir lima hektare," ujar Edi Kamtono, Kamis (12/3/2020)

Edi juga menuturkan saat ini tim BPBD Kota Pontianak juga telah melakukan upaya pemadaman.

Meski kawasan yang terbakar tersebut juga masuk kawasan Kubu Raya, pihaknya tetap akan melakukan pemadaman titik api.

Kebakaran lahan melanda di lahan gambut yang berada di ujung Jalan Parit Haji Husin II, Pontianak, Kalimantan Barat, Rabu (11/3/2020) malam. Api masih terus menyala dan menyebar karena lokasi yang sulit dijangkau petugas.
Kebakaran lahan melanda di lahan gambut yang berada di ujung Jalan Parit Haji Husin II, Pontianak, Kalimantan Barat, Rabu (11/3/2020) malam. Api masih terus menyala dan menyebar karena lokasi yang sulit dijangkau petugas. 

Selain di kawasan Jln Parit H Husin II. Kebakaran lahan di Kawasan Jln Purnama II juga telah dilakukan penindakan oleh Kapolresta. Pelaku pembakar lahan juga sudah diamankan.

"Kita mengingatkan kepada warga Pontianak yang saat ini sudah masuk musim panas dan hujan yang jarang agar tidak melakukan pembakaran," ujar Edi Kamtono.

Edi juga menuturkan terhadap pelaku pengembang perumahan yang melakukan pembukaan lahan dengan cara membakar akan diberikan tindakan tegas. 

Menurutnya sudah ada Perwa nomor 5, bahwa pihaknya akan membekukan ijin usaha hingga lima tahun.

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Update Informasi Kamu Via Launcher Tribun Pontianak Berikut:

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID

Penulis: Hamdan Darsani
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved