PAN-PDIP Sepakat Koalisi di Pilkada 2020, Pengamat: Potensi Ini Akan Terjadi

Koalisi PDIP-PAN memberikan jalan bagi terbentuknya koalisi baru untuk memastikan figur-figur alternatif muncul untuk dipilih.

IST/Dok.Ireng
Pengamat Politik Kalbar, Ireng Maulana 
PONTIANAK - Pengamat Politik Kalbar, Ireng Maulana menilai dengan sepakatnya PAN-PDIP berkoalisi di sejumlah daerah pada Pilkada 2020 akan menggoyahkan koalisi lain yang telah terbentuk.
Berikut penuturannya.
Koalisi PDI-P dan PAN untuk Pilkada Kalbar 2020 merupakan aksi politik yang berkelas dengan timing yang pas pula. 
Tindakan ini pertama, bisa menggoyang koalisi-koalisi yang sudah mulai dibentuk sebelumnya oleh parpol lain.
Artinya parpol lain yang sudah akan membentuk koalisi permanen bisa saja berubah sikap mengajak koalisi PDIP-PAN ikut masuk ke dalam atau malahan koalisi mereka berbalik ikut bergabung ke koalisi PDIP-PAN. 

Lasarus Amini Koalisi PDIP-PAN di Pilkada 2020, Ini Daerah-daerahnya

Perubahan ini berdampak pada negosiasi ulang dalam tubuh koalisi parpol-parpol tersebut termasuk barangkali tarik ulur dan kocok ulang pasangan kandidat yang akan di usung. 
Kedua, ramuan pasangan akan sangat berdampak untuk berubah karena kalkulasi potensi untuk menang dengan komposisi kekuatan parpol yg baru masuk dalam koalisi. 
Konstalasi kontestasi berubah dengan sendirinya. 
Partai politik yang ada akan lebih berhitung banyak untuk memastikan kekuatan tarung mereka lebih sepadan berhadapan dengan koalisi PDIP-PAN plus koalisi lain yang ikut atau mengajak masuk serta sebagai satu kekuatan baru. 
Ketiga, koalisi PDIP-PAN akan membuka ruang komunikasi politik baru bagi arus pendanaan potensial yang ingin mem back up pasangan tertentu yang di usung oleh koalisi ini. 
Mungkin saja barisan pemodal melihat pasangan yang akan diusung oleh PDIP-PAN lebih potensial untuk didanai daripada para bakal kandidat lainnya yang sudah ada.
Koalisi PDIP-PAN memberikan jalan bagi terbentuknya koalisi baru untuk memastikan figur-figur alternatif muncul untuk dipilih.

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Update Informasi Kamu Via Launcher Tribun Pontianak Berikut:

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved