Corona Masuk Indonesia

WNA Sempat Diisolasi di Ketapang Sudah Dapat Perawatan di RSUD Soedarso

Dijelaskan Basariah, pasien diberangkatkan pada sore kemarin, Rabu (04/03) untuk mendapatkan perawatan medis

Istimewa/Kompas.com
Seorang TKA asal Tiongkok masuk ruang isolasi di Rumah Sakit Umum Daerah Agoesdjam Ketapang, Kalimantan Barat, Selasa (3/3/2020) malam. 

KETAPANG - Pasien yang diduga terinfeksi virus dan sempat dirawat di RSUD Agoesdjam Ketapang saat ini sudah mendapat penanganan medis di RSUD Soedarso Pontianak.

"Sudah pak kemarin. Dan saat ini sudah ditangani pihak RS Soedarso," kata Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Ketapang Basariah Rajagukguk kepada Tribun, Kamis (05/03/2020) sekitar pukul 10.33 Wib.

Dijelaskan Basariah, pasien diberangkatkan pada sore kemarin, Rabu (04/03) untuk mendapatkan perawatan medis yang lebih baik, mengingat RSUD Agoesdjam dianggap belum standar untuk kasus tersebut.

"Berangkatnya itu sore menjelang malam kemarin. Sekarang sudah sampai dan sudah ditangani di RS," ujarnya.

Sebelumnya, pihak RSUD Agoesdjam Ketapang memastikan pasien dengan kondisi batuk dan demam yang datang pada malam hari kemarin Selasa (03/03/2020) sekitar pukul 22.30 kondisi membaik dan tidak menunjukan tanda-tanda Pneumonia atau terinfeksi Virus Corona.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Bidang Pelayanan Medik dan Keperawatan RSUD Agoesdjam Ketapang dr Feria Kowira bersama Plt Direktur RSUD Agoesdjam Ketapang dr Herman saat ditemui awak media di ruang Direktur, Rabu (04/03) sekitar pukul 09.30 Wib.

"Tadi malam kronologinya kita kedatangan pasien dengan ciri-ciri ada batuk dan demam selama beberapa hari dan kebetulan WNA juga Mr. X. Sesuai dengan prosedur tetap kita jalankan protap untuk isolasi dan kita tangani sesuai prosedur sudah dilakukan tindakan penunjang seperti ronsen," kata Dokter Feria.

Feria menambahkan jika pihaknya tidak mengetahui pasti asal dari pasien berwarga negara asing tersebut.

 47.270 Pasien Positif Virus Corona di China Berhasil Sembuh, Jumlah Kasus Menurun

Namun dugaan mereka mengatakan kalau pasien berasal dari Tiongkok.

"Riwayat perjalanan dari anamnesa kami dia tidak melakukan perjalanan dari awal Februari menurut informasi yang disampaikan pasien ke kami. Dari hasil ronsen dari dokter radiologi kita dikatakan dalam keadaan baik tidak ada tanda-tanda Pneumonia," tambahnya.

Saat ini pasien sendiri masih dilakukan pemeriksaan diruang isolasi RSUD Agoesdjam Ketapang.

Dijelaskan dr Feria pihaknya masih terus melakukan pemeriksaan sesuai standar prosedur yang telah ditetapkan.

"Sejauh ini dari hasil pemeriksaan kita pasien ini masih dugaan, dan saat ini dalam proses persiapan pengambilan cairan tenggorokan untuk dilakukan uji lab, jadi imbauan kami masyarakat harus tenang karena kami dari rumah sakit dan dinas Kesehatan akan bersatu padu dalam penanganan,” tegasnya.

Sebelumnya warga Ketapang sempat dihebohkan dengan video yang tersebar di media sosial Facebook, yang mana dalam video tersebut tampak petugas dari RSUD Agoesdjam dengan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) menerima pasien diruang IGD RSUD Agoesdjam Ketapang.

Penulis: Nur Imam Satria
Editor: Madrosid
Sumber: Tribun Solo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved