Bank Sampah Rosella Pontianak Barat, Ajak Masyarakat Menabung Sampah untuk Bayar PBB

Bank Sampah Rosella Pontianak Barat yang telah berdiri dari tahun 2013 ini, merupakan suatu tempat yang digunakan untuk mengumpulkan sampah

PONTIANAK - Konsep Bank Sampah yang dicanangkan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kota Pontianak, itu terlihat pada Bank Sampah Rosella Pontianak Barat, di jalan Purnama 7, Parit Tokaya, Pontianak Barat, Kota Pontianak.

Bank Sampah Rosella Pontianak Barat telah berdiri dari tahun 2013 ini, merupakan suatu tempat yang digunakan untuk mengumpulkan sampah yang sudah dipilah-pilah.

Dikatakan Asimin bahwa, awalnya didirikan Bank Sampah Rosella Pontianak Barat ini untuk membantu mengedukasikan dan mensosialisasikan tentang pemilahan sampah, khususnya sampah kering atau anorganik.

Bank Sampah Jadi Konsep Menabung Warga Yang Berbeda Bentuk

"Pemilahan sampah yang kita lakukan di Bank Sampah Rosella ini lebih kepada sampah yang kering atau anorganik. Nah itu kita pilah dengan tujuannya adalah membantu mengurangi volume sampah yang ada di TPS," jelas Asimin kepada Tribun, pada Rabu (12/2/2020).

Target yang dilakukan Bank Sampah inipun menargetkan lebih kepada rumah-rumah masyarakat. Sebab dikatakan Asimin, penghasil sampah kebanyakan berasal dari rumah tangga.

"Hanya memang belum semua sampah itu kita ambil, kita hanya mengambil sampah yang mempunyai nilai ekonomis saja,"

Pada Bank Sampah inipun mengelompokkan dua bagian pada sampah yang menjadi nilai ekonomis tersebut. Yang pertama ada yang digunakan untuk membuat kerajinan, dan ada yang dijual kembali.

"Itu kita menjadikan dua kelompok lagi, ada yang kita buat menjadi kerajinan dari sampah itu, dan tapi ada yang memang tidak bisa dijadikan kerajinan, ya kita jual kembali sampah tersebut," katanya.

Pada sampah-sampah yang ditukarkan dari masyakat tersebutpun dinilai perkilo, sesuai dengan jenisnya.

Lalu uniknya, pada Bank Sampah ini dalam memotivasi masyarakat untuk mau menabungkan sampahnya di Bank Sampah, ialah dengan cara mengajak masyarakat menabung yang hasilnya bisa untuk digunakan membayar PBB.

Halaman
12
Penulis: Muzammilul Abrori
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved