Antisipasi Terserang Penyakit Saat Musim Hujan, Pemkot Pontianak Imbau Masyarakat Jaga Lingkungan

Ia menerangkan efektivitas saat memberikan bubuk abate itu akan berlangsung selama kurun waktu tiga bulan

Antisipasi Terserang Penyakit Saat Musim Hujan, Pemkot Pontianak Imbau Masyarakat Jaga Lingkungan
dailyexcelsior.com
Hujan 

PONTIANAK - Masih tingginya intensitas hujan yang melanda sejumlah kawasan di Kota Pontianak, Pemerintah Kota Pontianak terus mengimbau kepada masyarakat di Kota Pontianak untuk waspada terhadap munculnya penyakit menular. Satu di antaranya ISPA, Leptospirosis atau penyakit yang dibawa oleh tikus, hingga demam berdarah.

Kepala UPT Puskesmas Perum II Pontianak Barat, Pandu Wibowo mengatakan masyarakat perlu waspada terhadap munculnya penyakit tersebut dengan kebiasaan hidup bersih, mengkonsumsi makanan bergizi dan rajin olahraga.

Untuk di areal kerja Puskesmas Perum II sendiri, dikatakan Pandu bahwa pihaknya telah memberikan imbauan kepada masyarakat untuk bergotong royong membersihkan lingkungan, membagikan abate. Jika ada kasus di kawasan tertentu, pihaknya juga melakukan foging. Minggu (12/1/2020).

"Untuk pembagian bubuk abate sendiri, kita punya kader-kadernya setiap RW yang dikenal dengan kader jumantik. Selain petugas kita kita juga mengandalkan kader jumantik," ujarnya.

Ia menerangkan efektivitas saat memberikan bubuk abate itu akan berlangsung selama kurun waktu tiga bulan, dan setelah itu akan dipantau kembali.

Takut Kehujanan di Jalan? Download 4 Aplikasi Ini, Paling Akurat Sajikan Ramalan Cuaca

"Semua RW sudah ada dan juga berkoordinasi dengan kader Posyandu," ujarnya.

Dirinya menambahkan bahwa pihaknya juga telah memiliki stok obat untuk diberikan kepada pasien, sehingga dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada seluruh masyarakat. 

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak
 

Penulis: Hamdan Darsani
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved