Sujiwo: Layanan Publik Berbasis Aplikasi Online dapat Cegah Pungli

Dinas penanaman modal bisa jadi tidak bertemu dengan pelaku usaha, karena semuanya menggunakan online

Sujiwo: Layanan Publik Berbasis Aplikasi Online dapat Cegah Pungli
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ SEPTI DWISABRINA
Wakil Bupati Kubu Raya, Sujiwo 

KUBU RAYA - Wakil Bupati (Wabup) Kubu Raya Sujiwo menilai sistem pelayanan perizinan melalui sistem aplikasi online lebih mudah di kontrol dan mencegah adanya Pungutan Liar (Pungli) dan sebagainya.

"Melalui proses online selain menghemat waktu, tentunya lebih mudah terawasi, berkaitan dengan adanya setoran-setoran maupun penyelewengan lainnya. Dinas penanaman modal bisa jadi tidak bertemu dengan pelaku usaha, karena semuanya menggunakan online," terangnya, Selasa (7/1/2020).

Sujiwo juga menuturkan, evaluasi kinerja di birokrasi Pemerintahan Kabupaten Kubu Raya sangat diperlukan guna memberikan pelayanan publik yang maksimal.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Kubu Raya.

Sujiwo Pastikan Pemerintah Kubu Raya Komitmen Kesehatan Sekolah

Menurut Sujiwo, tujuan dari evaluasi adalah menuju perbaikan kinerja dan dapat menurunkan tingkat keluhan terkait proses perizinan dari para pelaku usaha.

"Ini menjadi tolak ukur dan barometer keberhasilan kinerja BPMPTSP bersama timnya.Dengan evaluasi tentu akan menuju pada perbaikan-perbaikan dan penyempurnaan-penyempurnaan kinerja," jelas Sujiwo.

Lebih lanjutnya, Sujiwo menyebutkan ketika proses pelayanan perizinan baik maka akan memberikan jaminan kepada pelaku usaha serta menjadikan daerah tersebut semakin maju.

"Ketika investasi berjalan dengan baik, maka ekonomi juga akan bergerak dengan baik. Ketika ekonomi bergerak dengan baik, maka masyarakat dan daerah akan mendapatkan dampak positifnya," ucap Sujiwo.

Ia mengatakan, persoalan perizinan menjadi satu di antara atensi kepala negara. Karena berkaitan erat dengan investasi.

Perizinan sangat berpengaruh dengan kemajuan daerah khususnya melalui investasi dan pergerakan ekonomi.

Hadiri Sidang Pemeriksaan Ahli, Adam: Negara belum Berbuat untuk Perbaikan Nasib Peladang

Sujiwo pun berharap ke depannya BPMPTSP Kubu Raya dapat benar-benar menggerakkan perekonomian di Kabupaten Kubu Raya. Sekaligus mempercepat pembangunan melalui lancarnya investasi di Kubu Raya.

"Sinergisitas antara Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sangat penting. Kita berharap ke depannya pelayanan memang menjadi satu pintu. Mudah-mudahan kinerja kita juga semakin baik," pungkas Sujiwo.

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Penulis: Septi Dwisabrina
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved