2019 Jumlah Kasus Stunting di Kabupaten Sanggau Menurun, Berikut Jumlahnya

"Jumlah ini sudah menurun 2018 pengidap stunting di Kabupaten Sanggau hampir 30 persen," katanya Senin (6/1/2019).

2019 Jumlah Kasus Stunting di Kabupaten Sanggau Menurun, Berikut Jumlahnya
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau dr Jones Siagian 

SANGGAU - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau, dr Jones Siagian menyampaikan, Hingga akhir 2019 lalu, angka pengidap stunting di Kabupaten Sanggau berkisar tujuh ribu jiwa dari 35 ribu jumlah anak di Kabupaten Sanggau atau sekitar 21 persen.

"Jumlah ini sudah menurun 2018 pengidap stunting di Kabupaten Sanggau hampir 30 persen," katanya Senin (6/1/2019).

Jones menegaskan, Dinkes akan terus berupaya menurunkan angka pengidap stunting dengan berbagai kiat yang sudah dilakukan. Terlebih setelah adanya instruksi Bupati dalam Beraum Bekudongk, agar semua perangkat desa serta lintas profesi berkontribusi dalam mencegah dan menurunkan jumlah pengidap stunting.

"Kita harapkan tahun 2020 ini angka stunting tetap turun, Strategi penanganan pertama kita mapping, kita survey daerah mana saja yang angka stunting-nya tinggi,"ujarnya.

Tekan Angka Stunting, Dinkes Ketapang Gelar Rembuk Stunting

Dari hasil mapping dan survey Dinas Kesehatan, lanjutnya, stunting berawal dari asupan makanan, kemudian disebabkan karena ada penyakit khusus yang diderita. Dari sebab itu selanjutnya dilakukan langkah-langkah penanganan.

"Kalau sebabnya karena tidak tahunya orang tua, kita berikan penyuluhan. Kalau sakit kita sembuhkan penyakitnya, Kalau memang orang sangat tidak mampu, kita bantu berikan makanan tambahan. Jadi dengan cara-cara begitu stunting bisa kita kendalikan sehingga persentasenya turun,"pungkasnya.

Penulis: Hendri Chornelius
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved