Citizen Reporter

Penerapan Teknologi Pembuatan Pakan Ikan Apung di Mempawah Hilir dan Timur

Solusi yang ditawarkan dalam hal ini adalah penerapan inovasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dalam pembuatan pakan ikan apung.

Penerapan Teknologi Pembuatan Pakan Ikan Apung di Mempawah Hilir dan Timur
KOLASE TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Politeknik Negeri Pontianak (Polnep) melalui Unit Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (UPPM) membentuk tim untuk melaksanakan kegiatan Pengabdian Pada Masayarakat (PPM) di Kecamatan Mempawah Hilir dan Mempawah Timur, khususnya untuk membantu para pembudidaya ikan di KJA di Sungai Mempawah dalam menemukan solusi mengatasi permasalahan pakan ikan. 

Citizen Reporter

Winarti, Ph.D, Dosen Politeknik Negeri Pontianak

PONTIANAK - Kebutuhan masyarakat akan protein hewani yang bersumber dari ikan semakin tinggi.

Ikan air tawar menjadi salah satu pilihan yang terbaik untuk memenuhi asupan nutrisi masyarakat.

Kegiatan usaha budidaya ikan sekarang ini semakin berkembang di wilayah di Provinsi Kalimantan Barat.

Kegiatan usaha banyak memanfaatkan kolam di pekarangan, kolam air deras, kolam air payau (tambak) dan badan air (sungai-danau) dengan membuat Karamba Jaring Apung (KJA) untuk pembudidayaan ikan.

Kecamatan Mempawah Hilir dan Timur merupakan kecamatan dengan aktivitas perekonomian cukup tinggi dibandingkan dengan kecamatan lainnya karena kecamatan ini memiliki potensi sumberdaya alam berupa perairan Sungai Mempawah yang dapat dikembangkan untuk budidaya perikanan air tawar.

Sungai Mempawah memiliki panjang mencapai 93,38 Km, lebar 50 meter dengan kedalaman tepi surut terendah 1,5 meter dan kedalaman pasang tertinggi rata-rata 3 meter (Data wawancara Kantor Camat Mempawah Timur 2019).

Sungai Mempawah memiliki potensi yang sangat baik untuk kegiatan budidaya perikanan khususnya pembesaran karena sungai ini tidak digunakan sebagai jalur transportasi air masyarakat sehingga bisa fokus untuk melakukan kegiatan pembesaran ikan di KJA.

Perkembangan usaha budidaya ikan di KJA di Sungai Mempawah saat ini semakin pesat, sampai dengan Juli 2012 jumlah KJA mencapai 950 unit (Kabupaten Mempawah Dalam Angka, 2018).

Halaman
1234
Editor: Mirna Tribun
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved