Musim Hujan, Tagana dan BPBD Imbau Masyarakat Kapuas Hulu Waspada Banjir dan Tanah Longsor

"Apabila kondisi sudah mengancam keselamatan, segera minta tolong atau cepat mengamankan diri ke tempat yang aman," ucapnya.

Musim Hujan, Tagana dan BPBD Imbau Masyarakat Kapuas Hulu Waspada Banjir dan Tanah Longsor
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ SAHIRUL HAKIM
Sejumlah anggota Tagana Kapuas Hulu saat membersihkan parit sepanjang Jl Untung Sridadi hingga Jl Kihajar Dewantara, Kelurahan Kedamin Hulu, Kecamatan Putussibau Selatan, Minggu (4/3/2018). 

KAPUAS HULU - Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Kapuas Hulu, Muhammad Hatta mengingatkan kembali kepada seluruh masyarakat Kapuas Hulu, agar tetap berhati-hati atau waspada terhadap bencana alam seperti banjir dan tanah longsor.

"Kita ketahui bersama bahwa, sekarang Kapuas Hulu musim penghujan. Rawan akan terjadi banjir dan longsor. Dimana beberapa pekan ini banjir sering terjadi dan juga ada tanah longsor yang hingga memakan korban jiwa," ujarnya kepada Tribun, Jumat (6/12/2019).

Maka dari itu dihimbau kepada masyarakat yang merasa tempat tinggalnya, rawan akan banjir dan longsor, agar tetap waspada dan berhati-hati.

"Apabila kondisi sudah mengancam keselamatan, segera minta tolong atau cepat mengamankan diri ke tempat yang aman," ucapnya.

Dalam hal tersebut, jelas Hatta Tagana terus selalu monitor daerah-daerah yang mudah terjadi banjir di Kapuas Hulu.

BPBD Mempawah Baru Terima Satu Laporan Banjir di Bakau Besar Darat

"Biarpun banjir di Kapuas Hulu tidak terlalu lama. Namun tetap kita berhati-hati dan waspada," ungkapnya.

Saat ini di Putussibau dan sekitarnya sedang hujan cukup deras. Sementara cuaca di Kapuas Hulu yang diprediksi oleh BMKG siang ini, Jumat (6/12/2019) akan terjadi hujan petir, dengan cuaca 33 dereja cilcus, hujan 60 persen, dan kecepatan angin 3.7 kilometer perjam.

Sedangkan cuaca malam ini, diprediksi hujan lokal, 100 persen terjadi hujan, cuaca 24 derajat Celcius dan kecepatan angin 3.7 kilometer perjam.

Hujan lokal diprediksi terus jadi hingga dini hari, Sabtu (7/12/2019). Dimana cuaca 23 derajat Celcius, 100 persen akan terjadi hujan dan kecepatan angin 3.7 kilometer perjam.

Rawan Banjir

Halaman
12
Penulis: Sahirul Hakim
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved