Adopsi Bantuan Nasional, Lugito Harap Sekolah Gunakan Bosda Sebaik Mungkin

Lebih lanjutnya, teknis pencairan dana Bosda ini menggunakan sistem transfer kepada rekening milik sekolah yang bersangkutan.

Adopsi Bantuan Nasional, Lugito Harap Sekolah Gunakan Bosda Sebaik Mungkin
TRIBUNPONTIANAK/Septi Dwisabrina
Pelaksana tugas Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kubu Raya, Lugito. 

KUBU RAYA - Pelaksana tugas Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kubu Raya, Lugito mengatakan terkait sistem penyaluran program Bantuan Operasional Sekolah Daerah (Bosda) mengadopsi dari Bantuan Operasional Sekolah Nasional (Bosnas) pusat.

"Artinya dana yang diberikan oleh pemerintah kabupaten ini, seperti kata bupati adalah untuk membantu kegiatan atau keperluan sekolah yang tidak bisa diakomodir menggunakan BOS pusat ataupun dana BOS pusat yang tidak cukup," ungkapnya, Rabu (4/12/2019).

Lugito menyebutkan pengalokasian dana belum bisa ditangani menggunakan dana Bosnas adalah terbatasnya anggaran untuk honororium non PNS yang mengajar di sekolah negeri.

"Karena di Bosnas telah dibatasi maksimal 15 persen saja (bantuan diberikan)."

Pemkab Sosialisasi Bosda untuk Pendidikan, Seluruh Kasek SD dan SMP se-Kubu Raya Hadir

"Jika dibatasi, sementara sekolah itu kekurangan guru. Sehingga bantuan Bosda ini dapat membayar insentif guru-guru swasta yang mengajar di sekolah negeri," ujarnya.

Lebih lanjutnya, teknis pencairan dana Bosda ini menggunakan sistem transfer kepada rekening milik sekolah yang bersangkutan.

"Kepala sekolah kemudian melakukan pembelajan berbagai kebutuhan sesuai dengan petunjuk teknis dari Dinas Pendidikan," katanya.

Lugito menuturkan dana Bosda dapat digunakan untuk menunjang kebutuhan sekolah yang tidak dapat teratasi menggunakan Bosnas.

Menurutnya, Bosda merupakan pelengkap untuk membantu ketika dana dari Bosnas tidak mencukupi bidang pendidikan di Kabupaten Kubu Raya. Bantuan operasional daerah ini diberikan untuk fisik dan non fisik.

"Contohnya sekolah tidak mempunyai sumber air, kemudian kursi yang alami kendala berat. Sementara dana Bosnas tidak cukup dapat gunakan dana Bosda," katanya.

Halaman
123
Penulis: Septi Dwisabrina
Editor: Wahidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved