Breaking News:

KNPI Kalbar Tanamkan Karakter Bela Negara Bagi Generasi Muda

"Setiap generasi muda Indonesia baik yg berstatus pelajar, mahasiswa ataupun yg sudah menyelesaikan pendidikannya merupakan faktor penting

Penulis: Hamdan Darsani | Editor: Madrosid
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID / DAVID NURFIANTO
Ketua DPD KNPI Kalbar, Erry Iriansyah saat jumpa media di Warunk Up Normal, jumat (9/11/2018 

PONTIANAK - Ketua DPD KNPI Kalbar Erri Iryansyah menilai penanaman karakter bela bangsa bagi generasi muda sangat penting dilakukan, karena karena kaum muda merupakan masa depan bangsa yang sangat diandalkan dalam mewujudkan cita cita dan tujuan nasional di masa mendatang.

"Setiap generasi muda Indonesia baik yg berstatus pelajar, mahasiswa ataupun yg sudah menyelesaikan pendidikannya merupakan faktor penting.

"Pada zaman sebelum kemerdekaan peranan mahasiswa sebagai elit generasi muda Indonesia sangat penting untuk kemajuan bangsa khususnya dalam merebut kemerdekaan bangsa ini," ujarnya.

Ia menerangkan bahkan setelah kemerdekaan generasi muda pun tetap ikut serta dalam memajukan negara.

Bela negara merupakan semangat berani berkorban demi tanah air, baik harta bahkan nyawa sekalipun siap dikorbankan demi keutuhan bangsa NKRI.

KNPI Sambas Harap Pemuda Bersatu dan Bersinergi

"Bela negara adalah tekad, sikap dan tindakan warganegara yg teratur, menyeluruh, terpadu dan berkelanjutan yg dilandasi oleh kecintaan terhadap tanah air serta kesadaran hidup berbangsa dan bernegara," ujarnya yang juga saat ini menjabat sebagai Anggota DPRD Provinisi Kalbar.

Lebih lanjut dirinya menilai bahwa semangat bela negara di era sekarang ini dirasakan mengalami pergeseran dikalangan masyarakat. Misalnya kebiasaan pemuda yang lebih bangga dengan budaya atau simbol simbol negara lain dan tidak bangga dengan budaya atau simbol negara bangsa Indonesia.

Banyak kasus yang menimpa generasi muda saat ini yang tidak sesuai dengan jatidiri bangsa seperti penyalahgunaan narkoba, seks bebas dan lainnya.

"Makanya Bela Negara sekarang ini sangat perlu sekali untuk generasi muda," ujarnya.

Ia menjelaskan tantangan nasionalisme kedepannya skrg ini sangat berat apalagi dengan industri 4.0 mau masuk 5.0 anak mudah sudah harus mempersiapkan diri karena sudah masuk zaman teknologi.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved