Peningkatan Sistem Satu Data Pontianak, Edi Kamtono Minta Kepala OPD Pemkot Kuasai Data

Pernyataan tersebut disampaikanya saat memberikan arahan implementasi satu data Kota Pontianak di ruang pontive center. Selasa (19/11/2019

Peningkatan Sistem Satu Data Pontianak, Edi Kamtono Minta Kepala OPD Pemkot Kuasai Data
TRIBUN PONTIANAK/DESTRIADI YUNAS JUMASANI
Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji meluncurkan Portal Satu Data Pemprov Kalimantan Barat di Hotel Aston, Jalan Gajahmada, Pontianak, Kalimantan Barat, Senin (4/3/2019) pagi. Peluncuran ini sebagai upaya untuk menunjang perencanaan dalam membangun Kalbar yang berbasis data sehingga memberikan akses seluas-luasanya kepada masyarakat berkaitan dengan data yang dimiliki oleh pemerintah. 

PONTIANAK – Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono meminta seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Pontianak menguasai data di satuan kerjanya masing-masing. Menurutnya data valid dan update sangat penting dimiliki dalam merumuskan setiap kebijakan yang akan diambil.

Pernyataan tersebut disampaikanya saat memberikan arahan  implementasi satu data Kota Pontianak di ruang pontive center, Selasa (19/11/2019

“Betapa pentingnya data dalam setiap pengambilan keputusan, saya berharap semua kepala OPD dan semua jajaran pemerintah kota Pontianak segala keputusan yang akan diambil harus berbasis pada data,” ujarnya

Edi menilai data valid dan update akan mencerminkan baik atau buruknya keputusan yang diambil dalam hal pembangunan. Juga mengklasifikasikan bahwa data itu terdiri dari data mentah, data mateng, data primer, data sekunder dan jenis-jenis data lainya.

Diskominfo Pontianak Klaim Telah Upload 1 Juta Data ke Portal Satu Data

Ia menerangkag hal yang pasti bahwa data memiliki sifat yang dinamis dan memiliki kencendrungan selalu berubah dari waktu kewaktu.

“Bahkan ada data yang bergerak setiap detik. Di antaranya soal data pendapatan, jumlah kendaraan yang melintas di jalan tertentu, data penduduk dan lain sebagainya,” ujarnya.

Saat ini pemerintah kota Pontianak sudah menjalankan kebijaka satu data Pontianak. Akan tetapi di akui oleh orang nomor satu Pontianak tersebut belum berjalan maksimal. Menurutnya wawasan tentang kepekaan terhadap data harus lebih optimal dilakukan.

“Tidak bisa berhenti, kita harus meningkatkan, mengedukasi para SDM atau ASN pemkot agar terbiasa dengan data,” ujarnya

Edi juga meminta Dinas Kominfo Kota Pontianak untuk terus berinovasi untuk menyediakan sarana pendukung bagi OPD lainya agar dapat dengan mudah mengakses data yang diperlukan.

“Selalu lebih mudah. Mudah diakses, mudah dibuka dan mudah di analisis. Kita juga sudah meningkatkan jaringan internet. hanya saja saat ini tinggal penerapanyanya saja,” ujarnya.

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Penulis: Hamdan Darsani
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved