Diskominfo Pontianak Klaim Telah Upload 1 Juta Data ke Portal Satu Data

Silahkan kunjungi satudata.go.id. Masyarakat luas dan seluruh OPD dilingkungan pemkot Pontianak bisa mengakses data tersebut dengan mudah.

Diskominfo Pontianak Klaim Telah Upload 1 Juta Data ke Portal Satu Data
Kolase TribunJabar.id (Istimewa dan Kompas.com)
Kementerian Perhubungan Buka 1.244 Formasi CPNS 2019, Begini Contoh Surat Lamarannya 

PONTIANAK – Kepala Dinas Kominfo Kota Pontianak Uray Indra Mulya menjelaskan dalam sistem satu data Pontianak bahwa posisi Diskominfo berperan sebagai wali data dengan Pembina data secara langsung dipegang oleh Wali Kota Pontianak. Seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) merupakan produsen data.

“Mereka (OPD red) menyuplai data ke kominfo kemudian kita himpun dan masukan kedalam portal satu data. Baik portal satu data Pontianak maupun satu data Indonesia,” ujarnya Selasa (19/11/2019)

Menurut Uray data-data yang sudah unggah didalam portal data merupakan data yang sangat mudah di akses.

Silahkan kunjungi satudata.go.id. Masyarakat luas dan seluruh OPD dilingkungan pemkot Pontianak bisa mengakses data tersebut dengan mudah.

“Karena OPD merupakan produsen data, sehigga setiap OPD juga memiliki wewanang untuk memvalidasi, memverifikasi data yang sudah disajikan sebelumnya,” ujarnya

Ia juga menuturkan setiap OPD juga dituntut untuk mengupadate data yang ada. Sebagai Pembina data bahwa wali kota Pontianak berhak mendapat data yang update dan valid.

Karena hal tersebut akan menjadi dasar untuk merumuskan kebijakan pembangunan yang tepat dan dibutuhkan oleh masyarakat.

CPNS 2019 - Terindikasi Ada Kecurangan, BKN Mendadak Tutup Fitur Jumlah Pelamar di Portal SSCN

“Kita tahulah bahwa pak walikota dan wakil walikota dalam pidato-pidato beliau selalu berbicara tentang data. Kalau kita salah memberikan data tentu salahlah analisis dan kebijakan yang diambil oleh beliau,” ujarnya

Ia memaparkan saat ini didalam satu data kota Pontianak, Pontianak telah memiliki 2500 data sheet, sudah punya 2900 file data dan Pontianak juga sudah mempunyai 1 juta 400an quantitas data yang berhubungan dengan kota pontianak.

“Hal itu yang kita lakukan. Selain itu kita juga telah mengupload data tersebut di portal satu data Indonesia. Sekarang ini kita juga punya portal data sendiri yakni portal satu data Pontianak. Bahkan kita juga bisa miroringkan istilahnya porta data kita ke portal data Indonesia,” pungkasnya.

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Penulis: Hamdan Darsani
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved