Kekhasan dan Kearifan Lokal Pontianak Jadi Alasan Tempat Konser Kebangsaan

RRI lewat musik dan lagu yang dimainkan secara apik dan menarik oleh pelaku seni musik dan hiburan di tanah air.

Kekhasan dan Kearifan Lokal Pontianak Jadi Alasan Tempat Konser Kebangsaan
TRIBUNPONTIANAK/RIDHO PANJI PRADANA
Direktur Program dan Produksi LPP RRI Soleman Yusuf saat menggelar konferensi pers di Hotel Golden Tulip Pontianak, Kamis (14/11/2019). 

PONTIANAK - LPP RRI kembali menggelar Konser Kebangsaan untuk yang ke 14 kali.

Kota Pontianak Kalimantan Barat, menjadi tuan rumah penyelenggara Konser Kebangsaan, kerjasama LPP RRI, Kementerian Pertahanan, Kementerian Komunikasi dan Informatika serta didukung oleh Pemprov Kalbar dan Pemkot Pontianak.

Direktur Program dan Produksi LPP RRI Soleman Yusuf mengatakan, Konser Kebangsaan digelar kali pertama pada tahun 2017 di Jakarta, kemudian Kendari, Yogyakarta, Samarinda, Surabaya, dan berakhir kembali di Jakarta.

VIDEO: Kepala LPP RRI Pontianak Ajak Masyarakat Hadir di Konser Kebangsaan

VIDEO: Wakili RRI Pontianak Untuk Tingkat Nasional Kategori Wanita, Ini Tekad Sri

Tahun 2018 satu diantara event akbar RRI ini kembali diadakan di empat kota yaitu Medan, Makassar, Denpasar dan Semarang.

Untuk tahun 2019 ini Konser Kebangsaan diadakan di empat kota, yang telah diawali di Monas Jakarta pada tanggal 23 Februari, Jember 27 April, Bengkulu 13 Juli dan terakhir Pontianak pada tanggal 15 November 2019.

Pemilihan Kota Pontianak sebagai tempat pelaksanaan karena RRI melihat, Kota Pontianak berjuluk ‘Kota Khatulistiwa’ memiliki banyak kekhasan serta kearifan lokal yang layak untuk lebih di expose dan dipublikasikan secara meluas ke seluruh wilayah Indonesia bahkan mancanegara.

Selain itu, dengan toleransi kebhinekaan di wilayah Kalbar, RRI memandang pagelaran Konser Kebangsaan sebagai wadah apresiasi musik dan hiburan sangat tepat digelar di Kota Pontianak.

Sehingga masyarakat khususnya generasi muda bisa menikmati hiburan yang sehat dan meriah.

“Melalui kegiatan ini, generasi muda sebagai pemuda harapan bangsa diharapkan dapat memahami pluralisme, memahami perbedaan agama, suku, budaya, dan kebiasaan yang terjadi dalam masyarakat Indonesia, secara arif dan bijaksana,” kata Soleman Yusuf, Kamis (14/11/2019).

Melalui Konser Kebangsaan, lanjut Soleman, RRI lewat musik dan lagu yang dimainkan secara apik dan menarik oleh pelaku seni musik dan hiburan di tanah air.

Berusaha memberikan pengaruh positif dalam membentuk persepsi masyarakat untuk terus aktif menjaga keutuhan NKRI, dengan melaksanakan kewajiban warga negara.

“RRI mencoba mewadahi kreatifitas pelaku seni untuk ikut memberikan masukan tentang nilai-nilai persatuan dan kesatuan bangsa yang pesannya diwujudkan dalam berkesenian, baik seni musik, seni tari atau seni puisi. Selain itu, kita juga ingin menemu kenali fenomena ancaman riil konstruksi kebangsaan Indonesia, menggali pemikiran-pemikiran inovatif yang berpeluang untuk lebih merekatkan konstruksi kebangsaan Indonesia dalam berbagai pilar," jelasnya. (*)

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Wahidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved