Tahun 2020 Festival Danau Sentarum Akan Digelar di Bukit Kedungkang

Kabupaten kapuas hulu sebagai paru-paru dunia,100 persen wilayahnya masuk wilayah heart of borneo atau jantung Kalimantan Barat

Tahun 2020 Festival Danau Sentarum Akan Digelar di Bukit Kedungkang - danau-sentarum1.jpg
TRIBUN PONTIANAK/ANESH VIDUKA
Pemandangan Taman Nasional Danau Sentarum saat kekeringan dilihat dari pulau Sepanda, Lanjak, Kecamatan Batang Lupar, Kabupaten Kapuas Hulu, Minggu (27/10/2019).
Tahun 2020 Festival Danau Sentarum Akan Digelar di Bukit Kedungkang - danau-sentarum2.jpg
TRIBUN PONTIANAK/ANESH VIDUKA
Pemandangan Taman Nasional Danau Sentarum saat kekeringan dilihat dari pulau Sepanda, Lanjak, Kecamatan Batang Lupar, Kabupaten Kapuas Hulu, Minggu (27/10/2019).

Tahun 2020 Festival Danau Sentarum Akan Digelar di Bukit Kedungkang

KAPUAS HULU - Kabupaten Kapuas Hulu sebagai paru-paru dunia,100 persen wilayahnya masuk wilayah heart of borneo atau jantung Kalimantan Barat, dimana lebih dari 51 persen masuk dalam kawasan (Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum) (TNBKDS) dengan luas TNBK lebih kurang 800 ribu hektar dan TNDS kurang lebih 132 ribu hektar.

Danau Sentarum memiliki banyak kelebihan yang unik di dunia, baik flora maupun fauna.

Kapuas Hulu memiliki banyak potensi termasuk arwana, madu, gaharu dan yang sekarang lagi booming yaitu kratom.

"Festival Danau Sentarum ini merupakan salah satu komitmen kami, malah dalam visi misi kami,ini jadi prioritas, karena banyak kelebihan, banyak potensi yang ada di Kapuas Hulu, pariwisata tetap masuk dalam visi misi bupati," kata Bupati Kapuas Hulu, A.M Nasir, saat menyampaikan kata sambutan pada pembukaan Festival Danau Sentarum di lapangan kecamatan Batang Lupar, di Dusun Lanjak, Jumat (27/10/2019).

Untuk diketahui, Festival Danau Sentarum yang ke-8 ini digelar di Dusun Lanjak, Desa Lanjak Deras, Kecamatan Batang Lupar, Kabupaten Kapuas Hulu, yang berlangsung sejak 25-27 Oktober 2019.

Bupati mengatakan event tahunan ini bisa terlaksana karena modal nekat pihaknya, Ia meminta maaf kepada para pengunjung yang datang ke Lanjak apabila sarana dan prasarana yang ada dianggap masih terbatas.

Baca: Permainan Tradisional Semarakan Festival Danau Sentarum

Baca: FOTO: Pembukaan Festival Danau Sentarum

Baca: Buka Festival Danau Sentarum, Bupati Nasir Komitmen Kembangkan Wisata di Kapuas Hulu

"Tapi insyaallah tahun ke tahun kami mulai berbenah, tahun ini kalau tidak salah bekas kantor camat dulu kami renovasi, kami jadikan untuk penginapan, termasuk juga penginapan mess yang ada di depan (depan pusat perhelatan Festival Danau Sentarum) akan kami kelola dengan baik dan isyaallah kami akan membangun semacam rumah panjang atau long house yang nanti bisa digunakan oleh tamu-tamu kita yang datang," kata A.M Nasir.

"Nah kalau kami tunggu ini siap semua, kapan kami mesti mulai, jadi ini memang modal nekat, siap tidak siap kita mesti gaungkan, kita laksanakan Festival Danau Sentarum," tambahnya.

Bupati mengatakan, kedepan perhelatan Festival Danau Sentarum akan digelar di bukit Kedungkang, dimana para pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan asri dari Danau Sentarum.

Halaman
123
Penulis: Anesh Viduka
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved