Gakkum KLHK Sesalkan Putusan Bebas Majelis Hakim PN Ketapang Terhadap Perkara PT Laman Mining

Ia menilai, seharusnya putusan Majelis hakim sejalan dengan dakwaan Jaksa Penunt Umum.

Gakkum KLHK Sesalkan Putusan Bebas Majelis Hakim PN Ketapang Terhadap Perkara PT Laman Mining
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Proses sidang putusan dengan terdakwa PT Laman Mining yang digelar di ruang sidang PN Ketapang. 

Gakkum KLHK Sesalkan Putusan Bebas Majelis Hakim PN Ketapang Terhadap Perkara PT Laman Mining

KETAPANG- Sementara itu, Kepala Balai Gakkum KLHK Wilayah Kalimantan, Subhan menyesalkan putusan bebas dari Majelis Hakim Pengadilan Negeri Ketapang yang menyidangkan perkara PT. Laman Mining tersebut.

Menurutnya, putusan itu bertolak belakang dengan dakwaan Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Tinggi Kalimantan Barat dan Kejaksaan Negeri Ketapang yang telah membacakan tuntutan terhadap PT. Laman Mining dengan pidana denda Rp. 37,5 miliar dan pidana tambahan pencabutan izin usaha PT. Laman Mining.

Ia menilai, seharusnya putusan Majelis hakim sejalan dengan dakwaan Jaksa Penunt Umum.

Baca: Terkait Vonis Bebas PT Laman Mining, Kejari Ketapang Resmi Ajukan Kasasi Ke MA

Baca: PN Ketapang Vonis Bebas PT Laman Mining Atas Kasus Penambangan Ilegal

"Terhadap Putusan Bebas ini, kami akan melaporkan ke Kementerian LHK dan Komisi Yudisial di Jakarta dalam rangka mendukung upaya hukum selanjutnya yang dilakukan Jaksa Penuntut Umum dalam Tingkat Kasasi," tulis rilis resmi Balai Gakkum LHK wilayah Kalimantan, Senin (07/10/2019).

Diakuinya, sebelumnya Balai Gakkum dalam melakukan proses penyidikan telah melakukan koordinasi secara intensif dengan Kejaksaan Tinggi Kalimantan Barat, BPKH Wilayah III Pontianak dan instansi terkait lainya di pusat maupun daerah.

Sehingga perkara tersebut dapat dinaikan ke tingkat penyidikan selanjutnya dilakukan penuntutan oleh Kejaksaan Tinggi Kalimantan Barat dan Kejaksaan Negeri Ketapang.

"Putusan ini bisa menjadi citra buruk dan akan menjadi modus bagi korporasi yang lain untuk melakukan kegiatan yang sama, serta cenderung untuk melanggar dan tidak mentaati peraturan perundang undangan yang berlaku," nilainya.

Untuk itu, Balai Gakkum Kalimantan KLHK akan mendukung Upaya Hukum Kasasi yang diajukan Jaksa Penuntut Umum dan mengharapkan putusan kasasi akan memberikan efek jera kepada PT. Laman Mining dan pelaku koorporasi lainya.

"Kami juga akan mengawal secara intensif terhadap perkara perkara koorporasi lainya yang telah disidangkan di Pengadilan Negeri Ketapang. Semoga aparat penegak hukum memiliki komitmen bersama dari para penegak hukum / Criminal Justice System (CJS) dalam memerangi para pelaku perusak hutan," pungkasnya. (*)

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp

Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Penulis: Nur Imam Satria
Editor: Wahidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved