LPPKM Untan Launching Aplikasi SIMLPPM! Dari Sistem Manual Menjadi Sistem Berbasis IT

Aplikasi SIMLPPM digagas Tulus Gover Siringo-ringo dimentori Endah Priyanti selaku Kabag Tata Usaha LPPM Untan dengan coach Ikbal Khafid.....

LPPKM Untan Launching Aplikasi SIMLPPM! Dari Sistem Manual Menjadi Sistem Berbasis IT
untan.ac.id
LPPKM Untan Launching Aplikasi SIMLPPM! Dari Sistem Manual Menjadi Sistem Berbasis IT. 

LPPKM Untan Launching Aplikasi SIMLPPM! Dari Sistem Manual Menjadi Sistem Berbasis IT

PONTIANAK - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Tanjungpura (LPPM Untan) melaksanakan acara launching proyek perubahan pembangunan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (SIMLPPM), di Aula Rektorat Untan, Jumat (4/10/2019).

Aplikasi yang berguna untuk mengelola pelaksanaan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat.

Aplikasi SIMLPPM digagas Tulus Gover Siringoringo dimentori Endah Priyanti selaku Kabag Tata Usaha LPPM Untan dengan coach Ikbal Khafid selaku Widyaiswara BPSDMD Provinsi Jateng.

Sekretaris LPPM Untan Surachman, menyampaikan bahwa, SIMLPPM-Untan ini di nasional dikenal dengan Sistem Informasi Manajemen Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (SIMLITABMAS) yang dikelola oleh DRPM Kemenrisdikti.

Pada internal Untan digagas Aplikasi SIMLPPM-Untan.

Karena seyogyanya saat ini masing-masing perguruan tinggi sudah membuat aplikasi ini.

Baca: Mahasiswa Untan Raih Juara I Lomba LKI Balitbang Kalbar 2019

“Aplikasi ini berfungsi untuk menginventarisir data penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang bersumber dari pagu dana masing-masing fakultas di lingkungan Untan sehingga akan ada perbaikan dan peningkatan dari sistem manual menjadi sistem berbasis IT,” tuturnya.

“Keteraturan pengarsipan data penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, tentu berpengaruh terhadap peningkatan kinerja penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, maka untuk terus meningkatkan dan mempermudah kinerja para peneliti, kami menghadirkan Aplikasi SIMLPPM-Untan ini,” jelasnya.

Ditambahkan juga oleh Surachman, bahwa dokumen penelitian bukan hanya laporan penelitian.

Tetapi juga ada dokumen kontrak, proposal, dokumen luaran dan sebagainya yang merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan sebagai dokumen pendukung atas pelaksanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Baca: Untan Jadi Tuan Rumah Kegiatan IICMA, Angkat Isu Lingkungan Dikaitan dengan Ilmu Matematika

“Saat ini SIMLPPM-UNTAN berbasis WEB, kedepan tentu akan ditingkatkan menjadi berbasis android. Saya mengingatkan kepada bapak Tulus Gover Siringo-ringo untuk terus melanjutkan proyek perubahan pembangunan aplikasi SIMLPPM-Untan ini hingga tuntas sehingga bisa mempermudah kita semua dalam meningkatkan prestasi Untan,” tegasnya.

Sementara itu Wakil Rektor 3 Bidang Akademik Untan, Prof Kamarullah, dalam sambutannya mengatakan bahwa, hadirnya Aplikasi SIMLPPM-Untan yang digagas oleh LPPM-Untan melalui Tulus Gover Siringoringo.

Dirinya menyambut dan yang paling penting Aplikasi SIMLPPM-Untan ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh para peneliti sehingga semakin meningkatkan kinerja penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. (*)

Penulis: Rihard Nelson
Editor: Marlen Sitinjak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved