Serahkan Bantuan Freezer pada Masyarakat, Ini Harapan Daniel Johan

Sehingga hasil olahanya dapat bertahan lama dan nilai jualnya akan lebih tinggi jika dibandingkan hanya dijual langsung.

Serahkan Bantuan Freezer pada Masyarakat, Ini Harapan Daniel Johan
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Daniel Johan 

Serahkan Bantuan Freezer pada Masyarakat, Ini Harapan Daniel Johan

SAMBAS - Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Daniel Johan (DJ) kembali menyerahkan program aspirasinya kepada masyarakat di Kabupaten Sambas.

Bantuan itu di berikan untuk ditujukan kepada Ibu-ibu nelayan maupun pembudidaya ikan di Kabupaten Sambas.

Bantuan itu berupa Chest Freezer (mesin pendingin). Selain di Kabupaten Sambas, juga di berikan bantuan di beberapa kabupaten lainnya diantaranya Mempawah, Kubu Raya, dan Kota Pontianak.

Ia menuturkan, jika Program itu sebagai bentuk dukungan kepada masyarakat agar hasil dari tangkapan nelayan dan budidaya ikan dapat bertahan lama dengan disimpan dalam mesin pendingin (freezer).

Baca: Dapat Bantuan Freezer dari Pemerintah, Ini Ungkapan Nelayan Sambas

Baca: VIDEO: Tentang Kabut Asap, Ini Penjelasan Bupati AM Nasir

Sehingga hasil olahanya dapat bertahan lama dan nilai jualnya akan lebih tinggi jika dibandingkan hanya dijual langsung.

"Program chest freezer ini untuk membantu ibu-ibu nelayan dan pembudidaya ikan agar dapat menyimpan dan mengolah ikan serta dapat meningkatkan pendapatan masyarakat, alat ini banyak manfaatnya, jadi saya berharap dapat dimanfaatkan dengan baik dan tentu dapat memberikan dampak ekonomi bagi para penerima," ujarnya, Kamis (19/8/2019).

Daniel mengungkapkan, jika program seperti ini merupakan dukungan untuk hilirisasi produk perikanan.

Sehingga harus terus didorong agar masyarakat mampu menghasilkan produk yang memiliki nilai jual lebih tinggi.

Begitu juga halnya dengan sektor pertanian terus didorong untuk meningkatkan pascapanen atau hilirisasi produk pascapanen.

"Semua sektor harus didorong kehilirisasi, baik pertanian, perikanan, perkebunan harus hukumnya, karena dengan itu masyarakat bisa berdaya secara ekonomi," ungkapnya.

"Saya terus bersuara saat raker dengan pemerintah agar membuat program hilirisasi untuk produk pertanian, perikanan dan perkebunan, kali ini saya coba untuk membantu untuk sektor perikanan, yang lainnya saya akan dorong terus, di 2020 kita sudah running," tutup Daniel Johan.

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Penulis: M Wawan Gunawan
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved