KBMB Untan Gelar Kegiatan KALPA Ke-X di Singkawang

Keluarga Besar Mahasiswa Buddhis Universitas Tanjungpura (KBMB Untan) mengadakan kembali Kegiatan Amal dan pembinaan

KBMB Untan Gelar Kegiatan KALPA Ke-X di Singkawang
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Foto bersama Keluarga Besar Mahasiswa Buddhis Universitas Tanjungpura (KBMB Untan) di Vihara Ambavana Arama, Kelurahan Sijangkung, Kota Singkawang. 

KBMB Untan Gelar Kegiatan KALPA Ke-X di Singkawang

PONTIANAK - Keluarga Besar Mahasiswa Buddhis Universitas Tanjungpura (KBMB Untan) mengadakan kembali Kegiatan Amal dan pembinaan (KALPA) X pada tanggal 6 sampai 8 September 2019 di Vihara Ambavana Arama, Kelurahan Sijangkung, Kota Singkawang.

Kegiatab tersebut mengangkat tema “Be One in Diversity”. Kegiatan ini dilaksanakan oleh KBMB Untan dengan total peserta 81 orang yang semuanya adalah mahasiswa baru beragama Buddha

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan pembinaan organisasi, agama, mental kepada mahasiswa, serta beramal kepada masyarakat setempat.

Di dalam rangkaian kegiatan tersebut terdapat Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) yang setiap tahunnya dilakukan dengan terjun langsung ke masyarakat yang di daerah sekitar kegiatan.

Baca: UBSI Pontianak Sukses Gelar Seminar Motivasi untuk Para Mahasiswa Baru

Baca: Uluran Tangan Mahasiswa IAIN Untuk Penderita Tumor, Ibu Munia Terbaring Lemah

Baca: Front Mahasiswa Muslim Kalbar Berikan Dukungan Kinerja KPK Periode 2019-2023

Pada tahun ini, Kegiatan PPM ini berlangsung pada hari pertama dari pukul 15.30 WIB -17.30 WIB, yang setelah itu dilanjutkan dengan kegiatan internal. PPM dilaksanakan di 3 titik, yaitu Vihara Sui Khew Pak Kung, Klenteng宫天玄, dan Vihara Ambavana Arama.

Di Vihara Sui Khew Pak Kung, peserta dan panitia melakukan pengecatan kembali gedung Vihara , dan perbersihan sekitar vihara Kemudian melakukan pembuatan plang nama di Kelenten Terakhir, dilakukan pembersihan vihara dan membuat plang nama vihara di Vihara Ambavana Arama.

Pada kegiatan ini, KBMB Untan mendapatkan dukungan dari Rektor Universitas Tanjungpura, pengurus Vihara Sui Khew Pak Kung, pengurus Klenteng 宫天玄, dan pengurus Vihara Ambavana Arama serta pihak-pihak lainnya yang telah membantu melancarkan kegiatan ini.

“ Sekarang lagi marak-maraknya isu tentang perbedaan yang membuat mereka terpecah belah. Dalam Be one in diversity kita berharap dapat menyatukan mereka walaupun berbeda sikap, sifat dan pendapat,” ujar Lelfandi Endrian selaku Ketua Panitia.

Ia juga mengatakan bahwa kegiatan tersebut melibatkan pihak internal untan dan dihadiri oleh Kemenag Kota dan Provinsi.

“Yang terlibat dalam kegiatan ini pastinya ada pihak Untan, juga Kemenag kota, Kemenag Provinsi dan Pak Rakiman, selaku Menteri Agama Kabupaten Kubu Raya,” jelasnya.

“Ada dua point penting dalam kegiatan ini, ada kegiatan amal dan kegiatan pembinaan juga. Jadi, disini sebagai wadah agar mahasiswa baru supaya mereka bisa beramal dan melakukan kegiatan sosial ke masyarakat serta disini juga ada kegiataan pembinaan dalam artian melatih mahasiswa baru agar dapat memiliki karakter yang baik,” ujar Tansetiadi Sutiono, selaku Ketua Umum KBMB Universitas Tanjungpura.

Kegiatan KALPA kali ini merupakan KALPA ke-10, yang merupakan program kerja tahunan selain program kerja lainnya oleh KBMB Untan.

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Penulis: Anggita Putri
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved