Paguyuban Jawa Landak Gelar Acara Grebek Suro

Kegiatan tersebut pun menjadi perhatian masyarakat sekitar dan pengguna jalan.

Paguyuban Jawa Landak Gelar Acara Grebek Suro
TRIBUNPONTIANAK/Alfon Pardosi
Acara Grebek Suro Jawa Kabupaten Landak pada Minggu (15/9/2019). 

Paguyuban Jawa Landak Gelar Acara Grebek Suro

LANDAK- Pertama kalinya Paguyuban Jawa Kabupaten Landak melaksanakan prosesi acara Grebek Suro Arak-Arakan Gunungan dan Tumpeng pada Minggu (15/9/2019).

Acara arak-arakan yang dilaksanakan tersebut star dari Mapolres Landak, dan kemudian dilanjutkan menuju lokasi pusat acara di belakang rumah sakit lama di Tungkul, Desa Hilir Kantor, Kecamatan Ngabang.

Kegiatan tersebut pun menjadi perhatian masyarakat sekitar dan pengguna jalan, terlihat anggota Sat Lantas Polres Landak juga melakukan pengawalan dan pengaturan lalu lintas.

Baca: Buka Kegiatan Grebeg Suro dan Pasar Murah Bagi Masyarakat, Ini Pesan Bupati Jarot

Baca: Wakil Bupati Sintang Hadiri Acara Grebeg Suro dan Gawai Dayak

Hadir dalam kesempatan tersebut Asisten I Setda Landak Nikolaus, Danyon Armed 16/Komposit Mayor Arm Yoga Permana Danramil 11/Ngabang Kapten Czi Suwardi, Kabag Ren Polres Landak Kompol Supriyadi.

Kemudian para SKPD Landak Tokoh Adat Jawa Pontianak, Tokoh Adat Jawa Ngabang, Tokoh Adat Dayak, serta tokoh adat suku lainnnya yang ada di Ngabang.

Bupati Landak Karolin Margret Natasa dalam sambutan yang disampaikan oleh Nikolaus memanjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena dapat merayakan acara gerebek suro.

Sehingga Budaya Jawa dapat dilestarikan terus menerus, dan mudah - mudahan acara ini berjalan dengan aman dan sukses sampai selesai.

"Kita mendukung kegiatan ini menjadi kegiatan yang bisa menjadi aset budaya yang patut kita lestarikan. Serta menjadi agenda budaya di Landak," ucapnya.

Kegiatan pun diisi dengan Tarian Adat Dayak, pembacaan doa Ritual Adat Sedekah Bumi, Pemotongan Tumpeng, Makan Nasi Tumpeng Bersama, dan Perebutan Gunungan Hasil Bumi. (*)

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Penulis: Alfon Pardosi
Editor: Wahidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved