Kabut Asap, Lion Air Group Batalkan 20 Flight dari dan ke Pontianak

Lion Air Group menegaskan, bahwa berdasarkan situasi yang terjadi seluruh operasional dijalankan berdasarkan standar operasional prosedur (SOP)

Kabut Asap, Lion Air Group Batalkan 20 Flight dari dan ke Pontianak
TRIBUN PONTIANAK/ANESH VIDUKA
Kondisi udara di kota Pontianak akibat dari pencemaran kabut asap kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di sejumlah wilayah di Provinsi Kalimantan Barat, Rabu (11/9/2019). 

Kabut Asap, Lion Air Group Batalkan 20 Flight dari dan ke Pontianak

PONTIANAK - Sejumlah jadwal penerbangan di Bandara Internasional Supadio, Kalimantan Barat terganggu akibat kabut asap yang semakin pekat melanda Pontianak, Minggu (15/9/2019). Tak terkecuali penerbangan milik Lion AIr Groups.

Corporate Communications Strategic of Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro, menjelaskan Lion Air (JT), Wings Air (IW), Batik Air (ID) member of Lion Air Group menginformasikan perkembangan terbaru operasional penerbangan pada Minggu (15/ 9/2019) hingga pukul 18.00 waktu setempat.

Baca: Asap Kembali Pekat, Pemkab Kubu Raya Perpanjang Libur Sekolah

Baca: Minta Hujan, Warga Ketapang Laksanakan Salat Istisqa

“Ini dilakukan dalam rangka memastikan keselamatan dan keamanan, Lion Air Group mengalami keterlambatan keberangkatan dan kedatangan (delay), kembali ke bandar udara keberangkatan (return to base/ RTB), pengalihan pendaratan (divert) serta melakukan pembatalan penerbangan (cancel), di beberapa jaringan domestik yang dilayani,” jelasnya, Minggu (15/9).

Menurutnya keputusan tersebut disebabkan akibat cuaca buruk berupa fog/ smoke (kabut asap) yang terjadi di beberapa daerah. Kondisi ini mengakibatkan jarak pandang pendek (visibility below minimum) dan tidak memenuhi persyaratan keselamatan penerbangan untuk proses lepas landas dan mendarat.

Dampak yang timbul berpotensi mengakibatkan terganggunya pada rotasi pesawat untuk sektor atau rute penerbangan berikutnya. Lion Air Group menegaskan, bahwa berdasarkan situasi yang terjadi seluruh operasional dijalankan berdasarkan standar operasional prosedur (SOP).

“Lion Air Group sudah menginformasikan kepada seluruh penumpang atau tamu yang terganggu perjalanannya. Lion Air Group memfasilitasi kepada penumpang bagi yang akan melakukan proses pengembalian dana (refund), perubahan jadwal keberangkatan (reschedule) sesuai dengan ketentuan dan aturan yang berlaku,” paparnya.

Lion Air Group akan terus berkoordinasi bersama pihak terkait guna memperoleh perkembangan atau keterangan sesuai situasi terbaru. Operasional Lion Air Group akan berjalan normal kembali setelah jarak pandang dinyatakan aman untuk penerbangan (safe for flight). Lion Air Group akan meminimalisir dampak yang timbul, agar operasional lainnya tidak terganggu.

Dari data yang dirilis Lion Air Group setidaknya ada 20 flight yang dibatalkan akibat kabut asap untuk tujuan dari dan ke Pontianak, Minggu (15/9/2019).

Untuk rute tujuan Pontianak, berikut informasi pembatalan penerbangan:
* Lion Air Penerbangan JT-689 Pontianak (PNK) – Soekarno-Hatta, Tangerang (CGK).
* Lion Air Penerbangan JT-837 Pontianak (PNK) – Surabaya (SUB).
* Lion Air Penerbangan JT-713 Pontianak (PNK) – Soekarno-Hatta, Tangerang (CGK).
* Lion Air Penerbangan JT-712 Soekarno-Hatta, Tangerang (CGK) – Pontianak (PNK)
* Lion Air Penerbangan JT-967 Pontianak (PNK) – Semarang (SRG).
* Lion Air Penerbangan JT-966 Semarang (SRG) – Pontianak (PNK).

Halaman
12
Penulis: Nina Soraya
Editor: Nina Soraya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved