Seluruh Desa di Kubu Raya Siap Terapkan Transaksi Non-Tunai

Desember mendatang, seluruh desa di Kubu Raya akan menandatangani perjanjian kerja sama dengan Bank Kalbar tentang implementasi transaksi nontunai.

Seluruh Desa di Kubu Raya Siap Terapkan Transaksi Non-Tunai
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Rivaldi Ade Musliadi
Pemerintah Kabupaten Kubu Raya melalui Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa menggelar Rapat Kerja Kepala Desa se-Kabupaten Kubu Raya di Gardenia Resort & Spa Kubu Raya, Selasa (10/9). Sebanyak 123 kepala desa termasuk lima penjabat kepala desa persiapan mengikuti raker yang dibuka langsung Bupati Muda Mahendrawan didampingi Wakil Bupati Sujiwo. 

Seluruh Desa di Kubu Raya Siap Terapkan Transaksi Non-Tunai

KUBU RAYA - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya melalui Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa menggelar Rapat Kerja Kepala Desa se-Kabupaten Kubu Raya di Gardenia Resort & Spa Kubu Raya, Selasa (10/9).

Sebanyak 123 kepala desa termasuk lima penjabat kepala desa persiapan mengikuti raker yang dibuka langsung Bupati Muda Mahendrawan didampingi Wakil Bupati Sujiwo.

Raker kades merupakan kegiatan rutin yang bertujuan mensinkronkan dan memberi informasi-informasi terkait penyelenggaraan pemerintahan di desa.

Secara khusus, raker merupakan bentuk pembinaan langsung terhadap penyelenggaraan pemerintahan desa.

Baca: VIDEO: Suasana Konferensi Pers Implementasi BBM Non Tunai di Kota Pontianak

Baca: Masyarakat Akui Belum Mengetahui Pembayaran Pajak Kendaraan Bisa Non Tunai, Kurang Sosialisasi

"Raker desa kali ini banyak hal yang kita lakukan sebagai langkah inovasi ke depan dan percepatan. Contohnya, kita sudah membentuk kelompok kerja percepatan pembangunan desa. Maka untuk tahun 2020 nanti terkait APBDes, dari sekarang RKPDes-nya sudah harus kita kejar targetnya yang melalui raker desa inilah kita lakukan," ujarnya.

"Dan sekaligus penyempurnaan-penyempurnaan RPJMDes dan ditargetkan 31 Desember nanti semua RAPBDes sudah disahkan menjadi APBDes. Sehingga per 1 Januari 2020 terhitung tahun anggaran semuanya sudah mulai. Tidak ada lagi terlambat seperti yang lalu-lalu. Dengan cara itu tentu akan jauh memudahkan percepatan-percepatan realisasi dan target-target anggaran," sambung Bupati Muda.

Muda melanjutkan, raker kades juga membahas inovasi pengelolaan dana desa dengan sistem transaksi nontunai di Kabupaten Kubu Raya.

Dimana inovasi pertama di Indonesia itu telah di implementasikan di Kubu Raya oleh 28 desa.

Ia mengungkapkan, pada bulan Desember mendatang, seluruh desa di Kubu Raya akan menandatangani perjanjian kerja sama dengan Bank Kalbar tentang implementasi transaksi nontunai dalam pengelolaan dana desa.

Halaman
12
Penulis: Rivaldi Ade Musliadi
Editor: Wahidin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved