Pedagang Aliong Sebut Tera Ulang Berguna Tepis Stigma Pedagang Curang

Pedagang di pasar Sungai Pinyuh merasa penting untuk dilakukan tera ulang terhadap timbangan atau dacin yang mereka miliki.

Pedagang Aliong Sebut Tera Ulang Berguna Tepis Stigma Pedagang Curang
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Ya'M Nurul Anshory
Pedagang di pasar Sungai Pinyuh, Kabupaten Mempawah sedang melayani konsumen dengan dacin yang sudah di tera ulang, Selasa (10/9/2019). 

Pedagang Aliong Sebut Tera Ulang Berguna Tepis Stigma Pedagang Curang

MEMPAWAH - Pedagang di pasar Sungai Pinyuh merasa penting untuk dilakukan tera ulang terhadap timbangan atau dacin yang mereka miliki.

Sebab menurut mereka, pelanggan sekarang sudah cerdas, mereka akan protes jika timbangan belum ada tanda tera dari Disperindagnaker.

Satu diantara pedagang di pasar Sungai Pinyuh, Aliong (49) mengatakan, dirinya secara rutin melakukan kalibrasi terhadap timbangan yang dia gunakan untuk bertransaksi sehari-hari, hal itu dia lakukan guna menghindari stigma curang yang dituduhkan masyarakat kepada pedagang.

"Kita senang sekali kalau ada kegiatan tera ulang seperti ini, karena dengan ini kita sebagai pedagang bisa terbantu oleh pemerintah yang melakukan tera pada dacin, selama ini rata-rata dacin yang digunakan pedagang sudah di tera, apalagi pembeli sekarang sudah cerdas, mereka tau mana toko yang dacin nya sudah di tera dan mana yang belum," katanya, Selasa (10/9/2019).

Aliong tak ingin kehilangan pelanggan. Ditambah lagi, bagi toko sembako seperti yang dia miliki, setiap hari selalu bertransaksi dengan timbangan, maka dari itu dia menyambut baik dengan adanya tera ulang yang dilakukan oleh Metrologi Disperindagnaker di pasar Sungai Pinyuh.

Baca: Pasar di Mempawah Dicanangkan Jadi Pasar Tertib Ukur, Disperindagnaker Rutin Lakukan Tera Ulang

Baca: Disperindagkop Sintang Gelar Sidang Tera Ulang Timbangan di Pasar Masuka dan Junjung Buih

Baca: Demi Lindungi Konsumen, Ramdani: Tera Ulang Harus Dilakukan

"Kita kan tidak mau dituduh curang, saya harap semua pedagang di Mempawah ini melakukan tera ulang terhadap dacin yang digunakan, agar Mempawah ini bisa maju
perekonomian masyarakat nya," tukasnya.

Salah satu konsumen yang sehari-hari belanja di pasar Sungai Pinyuh, Rochmawati (32) berharap pemerintah selalu rutin melakukan tera ulang terhadap alat ukur timbangan yang digunakan pedagang untuk bertransaksi, agar tidak ada kecurangan yang dilakukan oleh pedagang.

"Kita sebagai konsumen pastinya tidak mau dirugikan, makanya kita apresiasi sekali dengan kegiatan tera ulang ini, dengan begini tidak ada, atau bisa meminimalisir pedagang yang curang dengan mengakali dacin," pungkasnya.

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Penulis: Ya'M Nurul Anshory
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved