Pasar di Mempawah Dicanangkan Jadi Pasar Tertib Ukur, Disperindagnaker Rutin Lakukan Tera Ulang

Seluruh pasar yang ada di Kabupaten Mempawah di canangkan menjadi pasar tertib ukur. Untuk mendukung pencanangan itu, Dinas Perindustrian

Pasar di Mempawah Dicanangkan Jadi Pasar Tertib Ukur, Disperindagnaker Rutin Lakukan Tera Ulang
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/Ya'M Nurul Anshory
Disperindagnaker Kabupaten Mempawah lakukan tera ulang timbangan di pasar Sungai Pinyuh, Selasa (10/9/2019). 

Pasar di Mempawah Dicanangkan Jadi Pasar Tertib Ukur, Disperindagnaker Rutin Lakukan Tera Ulang

MEMPAWAH - Seluruh pasar yang ada di Kabupaten Mempawah di canangkan menjadi pasar tertib ukur. Untuk mendukung pencanangan itu, Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Tenaga Kerja (Disperindagnaker) Kabupaten Mempawah melakukan Kir Timbangan/Dacin se-Kabupaten Mempawah, Selasa (10/9/2019)

Kegiatan tersebut dilaksanakan di pasar  Sungai Pinyuh selama tiga hari, mulai Senin sampai Rabu 11 September 2019. Selanjutnya akan dilakukan di pasar Kecamatan Jungkat pada Kamis sampai Sabtu 14 September 2019.

Kasi Metrologi Pengawasan dan Perlindungan Konsumen, Disperindagnaker, Hendri Kurniawan, mengatakan tera ulang timbangan ini dilakukan guna mengawasi dan mengontrol aktivitas jual beli di Kabupaten Mempawah.

Hendri mengatakan, kedepan, di awal Januari 2020 mereka akan melakukan tera ulang di semua pasar yang ada di setiap desa. Sementara pihaknya masih melakukan tera di pasar yang menjadi pusat jual beli terbesar di Kabupaten Mempawah yakni Sungai Pinyuh dan Jungkat.

Selain melakukan tera ulang, Disperindagnaker juga melakukan reparasi terhadap timbangan/dacin yang sudah rusak, tidak pas, dan berkarat. Hendri mengatatakan, Disperindagnaker juga menerima tera ulang di Kantor Metrologi bagi siapapun yang ingin melakukan kalibrasi dan perbaikan alat ukurnya.

Baca: Disperindagkop Sintang Gelar Sidang Tera Ulang Timbangan di Pasar Masuka dan Junjung Buih

Baca: Pemkab Sekadau Bersama BSML III Kalsel Lakukan Tera Ulang di Pasar Sekadau

Baca: Disperindagnaker Mempawah Tera Ulang SPBU di Siantan

"Senin sampai Rabu di pasar Sungai Pinyuh, Kamis sampai Sabtu akan dilakukan di Pasar Jungkat. Kegiatan ini dalam rangka pencanangan pasar tertib ukur di Kabupaten Mempawah. Insyaallah pada minggu ke empat bulan September akan datang dari Kementrian untuk mengevaluasi dan meresmikan pasar tertib ukur di Kabupaten Mempawah," jelasnya.

Hendri mengatakan, sampai hari ini sudah lebih dari seratus timbangan yang di tera, yakni berjumlah 122. Sejauh ini kata dia, memang ada temuan timbangan yang bermasalah, jumlahnya sekitar 40 persen dari total yang mereka periksa.

Hal itu kata Hendri, disebabkan karena kurang pengetahuan pedagang, sebab pedagang tidak diperkenankan untuk memutus segel dan mengotak atik alat ukur yang mereka miliki.

"Biasanya para pedagang mempunyai alat timbang yang mengalami penurunan akurasi sebab faktor usia, ada yang berkarat, per nya aus dan sebagainya, jadi bukan niat pedagang nya yang mengakali, tapi kondisi alat yang dinamis, sering berubah dan tidak tetap," jelasnya.

Oleh karena itu kata Hendri, Metrologi Disperindagnaker harus melakukan pengujina melalui tera ulang, dan melabeli timbangan yang sudah di tera.

Seluruh alat ukur takar, timbang dan semua perlengkapan yang digunakan untuk transaksi harus di tera. Saat ini Metrologi Disperindagnaker terus melakukan pembinaan kepada pedagang, agar jika ada timbangan yang bermasalah pedagang mau datang ke Metrologi untuk di kalibrasi dan di perbaiki.

"Untuk tipe timbangan yang digunakan pedagang pada transaksi sehari-hari, minimal di tera satu tahun sekali, itu untuk kondisi normal, namun jika ada perubahan bisa saja tidak sampai satu tahun sudah harus di tera ulang," ujarnya.

Terakhir, Hendri menjelaskan, ciri timbangan yang sudah di tera adalah ada segel kawat dan penomoran tahun yang dipasang oleh Metrologi di timbangan tersebut.

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Penulis: Ya'M Nurul Anshory
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved