Ikatan Konselor Menyusui Indonesia Singkawang Sebut ASI Penting Bagi Perkembangan Anak

Ketua Ikatan Konselor Menyusui Indonesia (IKMI) Kota Singkawang, Susanti mengatakan tanggung jawab masa depan anak Indonesia

Ikatan Konselor Menyusui Indonesia Singkawang Sebut ASI Penting Bagi Perkembangan Anak
ISTIMEWA
Kapolsek Mandor Iptu Anuar Syarifudin menghadiri kegiatan konselor sebaya tingkat SMU yang diselenggarakan oleh Puskesmas Mandor di SMU Negeri 1 Mandor, Rabu (14/2)   

Ikatan Konselor Menyusui Indonesia Singkawang Sebut ASI Penting Bagi Perkembangan Anak

SINGKAWANG - Ketua Ikatan Konselor Menyusui Indonesia (IKMI) Kota Singkawang, Susanti mengatakan tanggung jawab masa depan anak Indonesia ada ditangan semua pihak.

Melalui program pemberian Air Susu Ibu (ASI), paling tidak sudah selangkah lebih maju. ASI bukan hanya sekadar makanan yang apabila tidak ada dapat diganti dengan susu formula.

Namun ASI lebih dari sekadar makanan secara lahir dan pemberian ASI terbukti lebih baik untuk perkembangan kognitif dan psikososial bayi dan anak.

“Kami berharap setiap orang dan kita semua akan mengetahui dan menyadari pentingnya ASI dan menyusui untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan optimal anak,” katanya, Selasa (10/9/2019).

Beberap kondisi yang dijumpai, kata Susanti, Ibu menyusui kerap mendapat permasalahan seperti rendahnya kepercayaan diri, ditambah lagi dengan kurangnya dukungan dari lingkungan terdekat seperti suami maupun keluarga terdekat.

Baca: Walikota Pontianak Tantang ASN Berkemampuan Terbaik Isi Dua Posisi Jabatan Eselon III yang Kosong

Baca: Konselor Ellen Tekankan Pentingnya Pola Asuh Orangtua Harus Ikuti Perkembangan Zaman

Baca: Mantan Pecandu Narkoba Bertekad Jadi Konselor

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa ibu menyusui yang mendapat dukungan penuh dari suami dan keluarga terdekat akan lebih berhasil menyusui dibanding ibu menyusui yang tidak mendapat dukungan.

Dalam melaksanakan peran dan tugas, tentu pihaknya memerlukan bimbingan dan arahan dari semua pihak, khususnya Dinas Kesehatan dan KB, Puskesmas serta semua pihak terkait.

Tugas IKMI adalah melindungi, mempromosikan dan mendukung gerakan menyusui.

Namun demikian, Singkawang Hebat melalui generasi yang sehat dan cerdas akan lebih mudah terwujud dengan gerakan bersama dalam mempromosikan, mendukung dan melindungi pemberian ASI secara ekslusif.

“Dukungan serta support sangat kami butuhkan dalam mengimplementasikan program dan kegiatan IKMI,” tuturnya.

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Penulis: Ridhoino Kristo Sebastianus Melano
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved