Diduga Curi Kelapa Sawit, Dua Pelaku Diamankan Polsek Sungai Laur

Atas kejadian tersebut pihak perusahaan mengalami kerugian sekitar Rp 2.135.250.

Diduga Curi Kelapa Sawit, Dua Pelaku Diamankan Polsek Sungai Laur
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ NUR IMAM SATRIA
Kedua pelaku beserta barang bukti yang telah diamankan di Mapolres Ketapang. 

Diduga Curi Kelapa Sawit, Dua Pelaku Diamankan Polsek Sungai Laur

KETAPANG - Polisi Sektor (Polsek) Sungai Laur Polres Ketapang amankan rua orang tersangka, Manto (32) dan Uja (30) yang diduga telah melakukan tindak pidana memanen atau memungut hasil perkebunan atau pencurian buah kelapa sawit milik PT MBK di Afdeling IV Blok D21 dan D22 Dusun Sinar Kuri Kecamatan Sungai Laur Kabupaten Ketapang.

Kapolres Ketapang, AKBP Yury Nurhidayat melalui Kapolsek Sungai Laur, Iptu Abdul Muhlis Liliatmaja ketika dikonfirmasi membenarkan telah melakukan penangkapan terhadap dua orang pelaku yang diduga telah melakukan pencurian hasil kebun kelapa sawit.

"Perbuatan pelaku diketahui, Rabu (4/9/2019) ketika security sedang melakukan patroli ke blok-blok sawit PT MBK melihat mobil Mega Carry warna putih memasuki blok D 21 dan 22 pada pukul 03.00 Wib setelah di lakukan pengintaian, lalu pada pukul 05.00 pelaku tadinya masuk ke blok tersebut ketika keluar dengan membawa buah kelapa sawit dari blok D 21 dan 22," jelasnya, Minggu (8/9/2019).

Baca: Anggota Polsek Sandai Amankan Dua Remaja Diduga Pelaku Pencurian Yamaha R15

Baca: Dua Pelajar SMA Diamankan Saat Konsumsi Miras, Ini Kata Tokoh Masyarakat Putussibau

Karena melihat para pelaku membawa buah kelapa sawit, pihak security pun langsung melakukan pengejaran, dan berhasil memberhentikan pelaku. Ketika diinterogasi kedua pelaku mengaku mengambil buah kelapa sawit milik PT MBK tanpa seijin manajemen perusahaan.

"Atas kejadian tersebut pihak security langsung melaporkan kejadian tersebut kepada pihak manajemen perusahaan yang langsung memerintahkan security untuk mengamankan pelaku beserta barang buktinya," lanjut Iptu Abdul.

Ditambahkannya, adapun kelapa sawit yang telah dipanen oleh pelaku sebanyak 146 janjang dengan berat janjang rata rata 13 Kg, dan berat total sekitar 1.895 Kg.

Atas kejadian tersebut pihak perusahaan mengalami kerugian sekitar Rp 2.135.250.

Barang bukti yang diamankan berupa 146 janjang kelapa sawit, satu unit Mobil Suzuki Carry warna putih nopol KB 8382 DB, satu buah dodos alat pemanen buah Kelapa Sawit, dua buah tujuk (alat untuk mengangkut buah kelapa sawit ke mobil).

"Pelaku kemudian diamankan di Polsek Sungai Laur dan dilanjutkan ke Polres Ketapang untuk pemeriksaan lebih lanjut. Diduga pelaku sudah sering melakukan pencurian di areal PT MBK dan baru ini ketangkap tangan," ungkap Kapolsek.

Akibat perbuatannya pelaku dikenai Pasal 55 huruf D Jo 107 Huruf D Undang - undang nomor 39 tahun 2014 tentang perkebunan dan atau pasal 363 KUH pidana dengan ancaman pidana penjara paling lama 4 tahun atau denda paling banyak Rp 4 miliar.

Update berita pilihan
tribunpontianak.co.id di WhatsApp
Klik > http://bit.ly/whatsapptribunpontianak

Penulis: Nur Imam Satria
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved