Sutarmidji Terus Perjuangkan Pemekaran Provinsi Kapuas Raya

Gubernur Kalbar, H Sutarmidji mengatakan akan terus memperjuangkan pemekaran Provinsi Kapuas Raya.

Sutarmidji Terus Perjuangkan Pemekaran Provinsi Kapuas Raya
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Wakil Ketua I DPD RI, Letjen TNI Mar (Purn) Dr Nono Sampono bersama anggota DPD RI asal Kalimantan Barat, Maria Goretti saat bertemu Gubernur Kalbar, H Sutsrmidji di Ruang Praja II, Kantor Gubernur Kalbar, senin (2/8/2019). 

Sutarmidji Terus Perjuangkan Pemekaran Provinsi Kapuas Raya

PONTIANAK - Gubernur Kalbar, H Sutarmidji mengatakan akan terus memperjuangkan pemekaran Provinsi Kapuas Raya.

Hal ini disampaikannya ketika menerima kunjungan dari Wakil Ketua I DPD RI, Letjen TNI Mar (Purn) Dr Nono Sampono bersama anggota DPD RI asal Kalimantan Barat, Maria Goretti yang melakukan rangkaian pertemuan diseluruh provinsi yang ada di Pulau Kalimantan termasuk di Kalbar.

"Dari DPD RI terpilih kebetulan datang kesini saya sampaikan dengan beliau akan memperjuangkan Kapuas Raya ," ujarnya.

Ia mengatakan secara rasional memang Kapuas Raya lebih rasional untuk menjadi provinsi sendiri.

"Saya pasti siapkan lahan untuk kantor sudah ada 3 hektare . Tapi idealnya 5 hektare.Lokasi dipilih karena dekat dengan Sanggau , Sekadau,dan Sintang Melawi, itu salah satu perjuangan kita untuk wujudkan Kapuas Raya," ujarnya.

Ia mengatalan jika ingin bertanya tentang perjuangan Kapuas Raya bagaimana. Ia katakan masih sangat panjang karena keputusannya kepada pusat.

Baca: DPD RI Dukung Pemekaran Provinsi Kapuas Raya

Baca: Suyanto Tanjung Sebut Telah Sampaikan Masalah Pemekaran Kapuas Raya Langsung ke Presiden Jokowi

Baca: Norsan Titipkan Pemekaran Kapuas Raya ke Komite I DPD RI

"Tapi kalau putusannya di saya itu akan cepat. Kita sudah pembaruan tentang Kapuas Raya dan kesepakatan dengan bupati dan ketua DPRD untuk perencanaan gedung kantor DPRD dan gubernurnya sudah. Pada tahun depan akan di mulai walaupun baru pondasi rencananya mau di anggarkan untuk keduanya masing-masing 10 M," ujarnya.

Ia mengatakan bahwa hal ini juga telah disampaikan dengan Presiden RI dan nanti ketika ketua DPRD baru telah di lantik akan di minta untuk menghadap presiden untuk menyampaikan hal ini.

"Saya yakin untuk provinsi tidak begitu sulit untuk proses pemekaran karena tidak banyak yang repot itu pemekaran kabupaten kota. Saya optimis kita bisa dan saya tetap terus berjuang untuk terbentuknya Kapuas Raya termasuk surat pernyataan kesiapan untuk mengganggarkan anggaran operasional untuk daerah persiapan pemekaran selama 3 tahun," ujarnya.

"Dorongan DPD RI saya yakin. Nanti akan ada pertemuan dengan presiden oleh DPD tingkat 2 dan nanti kita minta waktu ke presiden untuk menyampaikan dan diskusinya harus ada," pungkasnya.

Cek 10 Berita Pilihan Tribun Pontianak di Whatsapp Via Tautan Ini: Tribun Pontianak Update

Penulis: Anggita Putri
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved