Norsan Titipkan Pemekaran Kapuas Raya ke Komite I DPD RI

Sementara jumlah APBD Kalbar plus tambahan angaran dari pusat, hanya berkisar Rp5,2 triliun pertahun.

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ Hamdan
Wagub Kalbar Ria Norsan Serahkan Cindremata kepada Anggota Komite I DPD RI saat Kunker ke Pemprov Kalbar, Salasa (21/5/2019) 

Norsan Titipkan Pemekaran Kapuas Raya ke Komite I DPD RI

PONTIANAK - Wakil Gubernur Kalbar Ria Norsan menitipkan pesan kepada para anggota Komite I DPD RI saat melakukan kunjungan kerja ke Pemprov Kalbar, Selasa. (21/5/2019)

Pesan yang dititipkan Norsan adalah tentang pemekaran Provinsi Kapuas Raya yang saat ini telah disiapkan oleh Pemprov Kalbar.

"Soal pemekaran Wilayah di Kalbar saat ini merupakan hal yang urgen sekali untuk dilakukan. Meskipun bapak-bapak bukan perwakilan dari Dapil Kalbar kami sangat mengharapkan peran dari DPD untuk juga ikut menyampaikan soal pemekaran kalbar kepada pemerintah pusat," ujarnya.

Baca: Ini Politisi Paling Muda Yang akan Duduk di DPRD Landak Periode 2019-2024

Ia mengatakan bentuk keseriusan terhadap pemekaran provinsi Kapuas Raya, pemprov Kalbar akan mengalokasikan anggaran untuk pembangunan Gedung Gubernur Kapuas Raya dan Gedung DPRD Provinsi Kapuas Raya.

"Kami meminta, Komite 1 DPD RI membantu mendorong percepatan pembentukan Provinsi baru, di wilayah Kalbar Timur tersebut. Yang sejatinya sudah bergulir sejak lama," ujarnya.

Ia menuturkan opsi pemekaran daerah otonomi baru, dinilai sebagai solusi yang tepat untuk percepatan pembangunan. Apalagi Kalbar memiliki wilayah sangat luas. Dengan jumlah penduduk mencapai 5,6 juta jiwa.

Sementara jumlah APBD Kalbar plus tambahan angaran dari pusat, hanya berkisar Rp5,2 triliun pertahun.

Anggaran itu kata Norsan sangat minim, untuk membiayai seluruh pembangunan Kalbar yang memiliki wilayah yang begitu luas.

"Anggaran tersebut sangat kurang. Makanya, tadi kita minta, kepada wakil rakyak kita ini, dari DPD komite 1 untuk bagaimana membantu kita menggolkan Kapuas Raya," ujarnya. (dan)

Penulis: Hamdan Darsani
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved