Durian Kunyit Terbaik Se-Kalbar, Sutarmidji: Jangan Mudah Dicurangi

Gubernur mengingatkan Wawang dan para petani durian unggul di Kalbar agar menjaga bibit durian mereka.

Durian Kunyit Terbaik Se-Kalbar, Sutarmidji: Jangan Mudah Dicurangi
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ANGGITA PUTRI
JUARA KONTES - Gubernur Kalbar Sutarmidji secara simbolis menyerahkan hadiah utama uang Rp 50 juta kepada Wawang, petani Durian Kunyit asal Desa Kuala Dua, Kecamatan Kembayan, Kabupaten Sanggau yang menjadi juara Kontes Durian Unggul, pada Minggu (25/8). Insert: Para juara Kontes Durian Unggul, Hortikultura Festival Durian Bumi Khatulistiwa 2019. 

Durian Kunyit Terbaik Se-Kalbar, Sutarmidji: Jangan Mudah Dicurangi

PONTIANAK  - Wawang, petani Durian Kunyit asal Desa Kuala Dua, Kecamatan Kembayan, Kabupaten Sanggau menjadi juara Kontes Durian Unggul pada pelaksanaan Hortikultura Festival Durian Bumi Khatulistiwa 2019 yang digelar Pemprov Kalbar, 24 Agustus hingga 1 September 2019.

Gubernur Kalbar Sutarmidji secara simbolis menyerahkan hadiah utama uang Rp 50 juta kepada Wawang pada Minggu (25/8). Wawang menyisihkan durian-durian terbaik dari 180 peserta lainnya.

Gubernur mengingatkan Wawang dan para petani durian unggul di Kalbar agar menjaga bibit durian mereka.

"Pohon yang dimiliki olehnya (pemenang-RED) harus dikembangkan bibitnya sebaik mungkin. Kemudian, betul-betul dijaga jangan sampai dicurangi orang," imbau Sutarmidji.

Midji menjelaskan, kondisi saat ini masih terdapat kendala dalam pemasaran durian ke luar Kalbar. Namun, jika produktifitas durian telah memasuki skala industri maka kendala tersebut bukan lagi halangan. Pengiriman skala industri akan dilakukan lewat pelabuhan Kijing dan memerlukan durian yang tahan cukup lama.

Baca: Gelar Syukuran, Silaturahmi Bersama Forkopimda dan Mahasiswa Papua, Ini Harapan Pangdam

Menurutnya ada Durian Serumbut yang dapat bertahan selama empat hari, dan durian tersebut akan dikembangkan beserta dengan Durian Kunyit.

Pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui ketahanan durian, untuk dikirim dalam jangka waktu tertentu. "Durian ini pangsa pasarnya sangat luas dan tidak terbatas," kata Sutarmidji.

Ke depan, jelas Sutarmidji, durian menjadi tanaman buah yang diandalkan di Kalbar selain tanaman-tanaman buah yang lain.

"Selain durian, kita akan mengembangkan buah manggis. Yang jelas tanaman yang buahnya tahan lama akan kita kembangkan," ujarnya.

Halaman
123
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved