Komunitas Tarung Derajat dari Satlat Kikav 12 MDC

Tarung Derajat Satuan Latihan (Satlat) Kompi Kavaleri (Kikav) 12/Macan Dahan Cakti, memiliki home base yang berada di Markas Kompi Kavaleri

Komunitas Tarung Derajat dari Satlat Kikav 12 MDC
TRIBUPONTIANAK.CO.ID/ZULKIFLI
Latihan rutin atlet Tarung Derajat di GOR SSA Pontianak, Senin (22/1/2018) 

Komunitas Tarung Derajat dari Satlat Kikav 12 MDC

PONTIANAK - Tarung Derajat Satuan Latihan (Satlat) Kompi Kavaleri (Kikav) 12/Macan Dahan Cakti, memiliki home base yang berada di Markas Kompi Kavaleri (Kikav) 12 / Macan Dahan Cakti jajaran Kodam XII Tanjungpura.

Seni Ilmu Olah Raga Bela Diri Tarung Derajat dideklarasikan kelahirannya dibumi persada Indonesia tercinta, di Bandung 18 Juli 1972 oleh peciptanya seorang putra bangsa yaitu Achmad Dradjat yang memiliki nama julukan dengan panggilan Aa Boxer.

Sebagai satuan latihan di Kikav, Tarung Derajat adalah seni bela diri berasal dari Indonesia yang diciptakan oleh Achmad Dradjat yang mengembangkan teknik melalui pengalamannya bertarung di jalanan pada tahun 1960-an di Bandung.

Tarung Derajat secara resmi diakui sebagai olahraga nasional dan digunakan sebagai latihan bela diri dasar oleh TNI Angkatan Darat dan Brigade Mobil Polri.

Baca: Mulai Dari Barista Hingga Dimsum, Maulidya Agustina Menikmati Setiap Prosesnya Bekerja

Baca: Dialog Wawasan Kebangsaan Upaya Organsasi Indonesia Bersuara Kalbar Teguhkan Kedaulatan

Baca: Jumlah Warga Binaan Pemasyarakatan di Rutan Sanggau, Kasus Narkoba Capai 212 Orang

Pelatih Tarung Derajat Kikav 12, Ajang Budi Gunawan mengatakan Tarung derajat di Kikav sendiri sudah ada sejak lama. Dan hingga saat ini olahraga sekaligus komunitas ini aktif dalam mengikuti kegiatan pelatihan dan juga kejuaraan nasional.

"Kita memiliki seni bela diri tarung derajat karena sistemnya sama dengan satuan komando. Hanya ada satu pemimpin dan pelatih disetiap daerahnya," ujarnya.

Selain itu, tarung derajat ini pula bukan lagi menjadi wadah bela diri untuk pamer dan ugal-ugalan di jalan. Bela diri ini menjadi wadah bagi para atlet dan olahraga yang memang ingin menyeimbangkan antara kekuatan fisik dan mental dalam berlatih ilmu bela diri.

"Satuan itu perlu mempunyai bela diri wajib, sehingga Kikav memilih tarung derajat sebagai satuan olahraga, yang mana semuanya asli asal Indonesia. Baik bahasa, tehnik, dan juga asal, itu asli Indonesia dan akan kita kembangkan terus belajar diri ini," sambungnya.

Dengan demikian, anggota militer bisa dan wajib dalam mengikuti pelatihan bela diri dari tarung derajat itu sendiri.

Penulis: Maudy Asri Gita Utami
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved