Kerjasama XL Axiata–Bakamla RI, Rintis Desa Maritim di Pulau Sebatik

Program tersebut antara lain Laut Nusantara untuk meningkatkan produktifitas nelayan, Sisternet guna meningkatkan pemanfaatan saranan digital bagi

Kerjasama XL Axiata–Bakamla RI, Rintis Desa Maritim di Pulau Sebatik
TRIBUN/ISTIMEWA
Group Head XL Axiata Regional Jabodetabek, Kalbar, Kaltim & Kaltara, Bambang Parikesit (kiri) menyerahkan fasilitas akses internet cepat XL Axiata melalui program Gerakan Donasi Kuota (GDK) kepada para perwakilan sekolah. 

Kerjasama XL Axiata–Bakamla RI, Rintis Desa Maritim di Pulau Sebatik

NUNUKAN - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) dan Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) mewujudkan bersama program “Desa Maritim” di Pulau Sebatik, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara. Di wilayah yang berbatasan langsung dengan negara tetangga ini, kedua pihak akan mengimplementasikan teknologi digital guna mendukung kehidupan masyarakat setempat, serta juga meningkatkan aspek sosial, ekonomi, politik, serta pertananan dan keamanan negara.

Kegiatan ini merupakan pelaksanaan dari Perjanjian Kerjasama antara XL Axiata dengan Bakamla RI yang di tandatangani oleh Direktur Utama XL Axiata Dian Siswarini dengan Sekretaris Utama Bakamla RI, Laksamana Muda (Bakamla) Supriatno Irawan MM yang disaksikan oleh Kepala Bakamla RI Laksamana Madya (Bakamla) Achmad Taufiqoerrochman pada 22 Juli lalu. 

Baca: Mocaf Tubikha Tampil Perdana di Pameran Hari Pangan Sedunia di Sambas

Baca: Sukseskan Infrastruktur Kelistrikan, PLN-Pemkab Sosialisasi Pengadaan Tanah

Group Head XL Axiata Ragional Jabodetabek, Kalbar, Kaltim dan Kaltara, Bambang Parikesit, mengaku bangga bisa turut ambil bagian melaksanakan program yang dicanangkan oleh Bakamla RI untuk mewujudkan Desa Maritim di Sebatik ini.

"Program ini tentu sangat strategis secara sosial, ekonomi, politik, pertahanan dan keamanan Republik Indonesia. Karena itu kami akan berusaha untuk memberikan dukungan secara maksimal melalui implementasi sejumlah program digital yang sesuai dengan visi Desa Maritim tersebut, apalagi infrastruktur jaringan telekomunikasi dan data yang berkualitas yang kami miliki juga sudah menjangkau wilayah ini,” katanya.

Bambang menambahkan, dengan dukungan jaringan data yang berkualitas baik di Sebatik, XL Axiata akan mengimplementasikan antara lain program-program digital yang bisa diakses langsung oleh masyarakat setempat.

Program tersebut antara lain Laut Nusantara untuk meningkatkan produktifitas nelayan, Sisternet guna meningkatkan pemanfaatan saranan digital bagi kaum perempuan, serta Gerakan Donasi Kuota yang merupakan program dukungan bagi sekolah-sekolah agar bisa mengakses internet cepat untuk meningkatkan mutu belajar mengajar.  

Tujuan penyelenggaraan desa maritim yang digagas Bakamla RI ini, yaitu untuk membantu komunitas masyarakat khususnya nelayan dalam memberdayakan sumber daya manusianya, meningkatkan kesejahteraan, kualitas hidup, dan lingkungan, serta agar dapat menjadi mitra Bakamla RI dalam mendukung patroli laut untuk peningkatan keamanan dan keselamatan laut.

Dengan kerjasama ini XL Axiata memberikan pelatihan penggunaan Aplikasi Laut Nusantara yg dibangun oleh XL axiata untuk para nelayan kecil diseluruh wilayah RI.

Implementasi semua program tersebut  berlangsung pada tanggal 14 Agustus 2019 di Desa Balansiku, Kecamatan Sebatik, Kabupaten Nunukan, Provinsi Kalimantan Utara.

Halaman
12
Editor: Nina Soraya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved