Masjid Darul Hikmah Ketapang Himpun Belasan Sapi dan Kambing Kurban

Menurutnya, jumlah hewan kurban sebanyak itu menunjukan adanya peningkatan yang signifikan.

Masjid Darul Hikmah Ketapang Himpun Belasan Sapi dan Kambing Kurban
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/NUR IMAM SATRIA
Proses penyembelihan hewan kurban di Masjid Darul Hikmah Kelurahan Banjar, Kecamatan Benua Kayong, Kabupaten Ketapang 

Masjid Darul Hikmah Ketapang Himpun Belasan Sapi dan Kambing Kurban, Jumlahnya Meningkat dari Tahun Sebelumnya

KETAPANG - Di Hari Raya Idul Adha 1440 H/2019M atau tepatnya pada Minggu (11/08/2019) kemarin, Masjid besar Darul Hikmah Kelurahan Banjar, Kecamatan Benua Kayong, Kabupaten Ketapang berkurban dari jamaah dan warganya sebanyak 13 ekor sapi dan 3 ekor Kambing.

"Alhamdulillah Masjid kita tahun ini dapat berkurban dari jamaah dan beberapa warga. Ada 13 sapi dan 3 ekor kambing," Kata Ketua Masjid Darul Hikmah, H. Darwin Abbas. Selasa (13/08).

Menurutnya, jumlah hewan kurban sebanyak itu menunjukan adanya peningkatan yang signifikan.

Peningkatan tersebut menunjukan adanya kesadaran umat Islam yang cukup tinggi dalam berkurban walaupun diantaranya ada dengan cara memperoleh hewan kurban dengan cara mengikuti arisan.

Baca: Kronologi Tersangka Bakar Lahan Seluas 19 Hektare di Kendawangan Ketapang

Baca: Polres Ketapang Tangkap Terduga Pembakar Lahan Seluas 19 Hektare di Kendawangan

"Tidak terlalu sulit untuk mendapatkan hewan kurban bagi yang kurang mampu. Rasa kebersamaan kami warga Kelurahan Banjar kebanyakan menggunakan sistem arisan keluarga setiap bulannya. Baik yang ada di dalam Kelurahan Banjar itu sendiri maupun keluarga asli Kampung Banjar yang berada di daerah luar," Ujar Ucu Dewen panggilan akrabnya.

Ucu Dewen menilai, untuk menangani jumlah hewan kurban khususnya sapi yang banyak dibanding dengan Masjid lainnya dalam Kabupaten Ketapang itu, pihak Masjid Darul Hikmah membentuk Panitia kurban yang melibatkan banyak anggota.

Baca: Berikut Nama-nama Calon Anggota DPRD Ketapang Terpilih Periode 2019-2024

Baca: KPU Tetapkan DPRD Terpilih Kabupaten Ketapang Periode 2019-2024

"Puluhan orang kita masukan panitia kurban. Fungsi mereka sesuai skill, mulai dari penyembelih hingga menguliti, memotong-motong sampai ke penimbangan dan pendistribusiannya. Sehingga daging kurban dapat dikelola dengan baik dan tersalurkan sebagaimana mestinya ke setiap kepala leluarga lingkup Kelurahan Banjar dan sekitarnya," Paparnya.

Dikatakannya, semua hewan kurban sebelumnya sudah diperiksa terlebih dahulu kelayakan dan dinyatakan sehat untuk di sembelih dan didistribusikan sebagaimana tuntunan sunah serta sesuai standar kesehatan. 

Penulis: Nur Imam Satria
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved