Pj Sekda Sanggau Lepas Pawai Takbir Keriang Idul Adha

tampak sejumlah masyarakat pun berkumpul dipinggir jalan guna menyaksikan pawai keriang idul adha keliling Kota Sanggau itu.

Pj Sekda Sanggau Lepas Pawai Takbir Keriang Idul Adha
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ HENDRI CHORNELIUS
Penjabat Sekda Sanggau, Kukuh Triyatmaka didampingi Ketua Umum PHBI, Forkompimda Kepala OPD di Lingkungan Pemkab Sanggau saat melepas peserta pawai takbir keriang Idul Adha 1440 H/2019 M di halaman Kantor Bupati Sanggau, Sabtu (10/8/2019) malam. 

Pj Sekda Sanggau Lepas Pawai Takbir Keriang Idul Adha

SANGGAU - Penjabat Sekretaris Daerah (Pj) Sekda Kabupaten Sanggau, Kukuh Triyatmaka melepas peserta pawai takbir keriang idul adha 1440 H yang laksanakan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Sanggau, Sabtu (10/8/2019) malam.

Kegiatan dipusatkan di halaman kantor Bupati Sanggau dan dihadiri Ketua umum PHBI Kabupaten Sanggau, Hadi Sudibjo, Kapolres Sanggau AKBP Imam Riyadi, Pasi Pers Kodim 1204/Sanggau, Kapten Kav Yudianto, Kepala Kantor Kementerian Agama Sanggau H M Taufik, Kasubag BIN Kejaksaan Negeri Sanggau Enda Budiansyah, Panitera Muda hukum Pengadilan Negeri Sanggau, Mahyudi Us, Asisten II Setda Sanggau H Roni Fauzan, Ketua BAZNAS Sanggau H Syamsul Chaidir, para pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Sanggau dan para tokoh agama, tokoh masyarakat di Kota Sanggau serta undangan lainya.

Pantauan Tribun, tampak sejumlah masyarakat pun berkumpul dipinggir jalan guna menyaksikan pawai keriang idul adha keliling Kota Sanggau itu.

Dalam sambutanya, Ketua Umum PHBI Kabupaten Sanggau, Hadi Sudibjo menyampaikan, lomba pawai takbir keriang idul adha 1440 H yang dilaksakan malam hari ini terbuka untuk umum dengan diiikuti peserta dari Polres, Perbankan, Masjid/Surau, sekolah, organisasi islam dan ormas dalam kota Sanggau dengan jumlah peserta sebanyak 16 regu.

Baca: Satu Rumah di Selakau Terbakar

Baca: BMKG Imbau Waspada Karhutla

"Untuk lomba berbusana muslim, insyallah akan dilaksanakan pada Selasa 13 Agustus 2019 untuk dua kategori yaitu kategori pelajar diikuti sebanyak 12 regu dan kategori umum diikuti 9 regu dengan peserta dari perwakilan Masjid/Surau, Majelis Taklim, kelompok pengajian dan Polres, "katanya.

Selain itu, PHBI juga memfasilitasi berkaitan dengan koordinasi dan informasi penyembelihan hewan dan pendistribusian qurban.

Adapun penyembelihan hewan qurban dalam kota Sanggau dan sekitarnya dilakukan oleh 64 unit penyelenggara qurban dengan jumlah 169 ekor sapi dan 45 ekor kambing. Untuk keseluruhan se Kabupaten Sanggau meliputi 15 Kecamatan dengan jumlah sapi 388 ekor dan kambing 126 ekor. "Tapi data ini belum final dan masih bisa bertambah,"ujarnya.

Untuk itulah, ia mengajak seluruh umat muslim untuk bersama-sama melaksanakan salat ied pada Minggu tanggal 11 Agustus 2019 atau 10 Dzulhijah 1440 H pukul 07 00 Wib di halaman Kantor Bupati Sanggau. Bertindak selaku khotib yakni H Muhammad Hasbi dan Imam Samad Harianto.

Sementara itu, Penjabat Sekda Sanggau Kukuh Triyatmaka menyampaikan, Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau sangat menyambut baik pawai keriang idul adha 1440 H ini, terutama dalam meningkatkan iman dan taqwa umat muslim yang merayakannya. Momen idul adha ini juga momen bagi muslim untuk peduli kepada kaum duaffa dan yang tidak mampu.

"Ini momen yang sangat bagus untuk mengingatkan masyarakat terutama umat muslim dan bisa menjadi kebiasaan untuk tumbuhnya jiwa toleransi dan kepedulian terhadap sesama sehingga kebersamaan yang kita bangun sangat dibutuhkan bangsa kita saat ini,"katanya.

Dikatakanya, Idul adha ini sangat bermakna untuk membangun rasa kepedulian dan toleransi yang sangat dibutuhkan bangsa kita saat ini. Atas nama pribadi dan Pemerntah Daerah Kabupaten Sanggau, mengucapkan selamat hari raya idul adha 1440 H kepada umat muslim khususnya yang ada di Kabupaten Sanggau.

"Terimakasih kepada PHBI, tokoh agama, tokoh masyarakat, penggurus masjid dan surau, Polres Sanggau, Perbankan, instansi,Majelis taklim dan pelajar yang ikut memeriahkan perayaan idul adha 1440 H, "pungkasnya. 

Penulis: Hendri Chornelius
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved