Wujud Implementasi Perguruan Tinggi, IKIP PGRI Pontianak Gelar Program Penugasan Dosen ke Sekolah

Calon guru masa depan harus mempunyai literasi baru yang diperlukan di era industri 4.0 yaitu literasi data, literasi teknologi, dan ...

Wujud Implementasi Perguruan Tinggi, IKIP PGRI Pontianak Gelar Program Penugasan Dosen ke Sekolah
TRIBUNPONTIANAK/Anggita Putri
Foto bersama usai pengarahan Kegiatan PDS di Aula Rektorat IKIP PGRI Pontianak 

Wujud Implementasi Perguruan Tinggi, IKIP PGRI Pontianak Gelar Program Penugasan Dosen ke Sekolah 

PONTIANAK - Peningkatan kualitas tenaga pendidik (dosen) secara akademik dan profesional mutlak dilakukan. Berbagai kebijakan telah dilakukan oleh pemerintah untuk meningkatkan profesionalisme dosen. Dosen di LPTK sangat penting dalam menentukan kulitas calon guru.

Calon guru masa depan harus mempunyai literasi baru yang diperlukan di era industri 4.0 yaitu literasi data, literasi teknologi, dan literasi manusia, yaitu proses pembelajaran yang memadukan pengalaman belajar yang baik di perkuliahan tatap muka dan pengalaman belajar yang baik di lapangan.

IKIP PGRI Pontianak merupakan salah satu LPTK yang fokus dalam mencetak calon guru di Kalimantan Barat. Banyak sekali alumni IKIP PGRI Pontianak yang saat ini menjadi guru di sekolah yang tersebar di seluruh Kalimantan Barat.

Sekolah merupakan mitra bagi IKIP PGRI Pontianak dalam pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi.

Sinergi antara LPTK dengan sekolah mitra menjadi kebutuhan mendasar dalam pengembangan LPTK di era revolusi 4.0. Kemitraan menjadi kunci rekonstruksi dan implementasi kurikulum LPTK menjadi link and match, agar peran LPTK dalam menghasilkan calon guru sesuai dengan kebutuhan di sekolah.

Baca: Andar Situmorang Bongkar Masa Lalu Hotman Paris, Pernah Gebukin Meriam Bellina Sampai Bonyok

Baca: KPU Sanggau Akan Tetapkan Caleg Terpilih Kabupaten Sanggau Besok

Kemitraan tersebut telah dibangun oleh IKIP PGRI Pontianak dengan sekolah, IKIP PGRI Pontianak bekerjasama dengan sekolah di Kalimantan Barat baik dalam Pengajaran, penelitian maupun Pengabdian.

Kerjasama yang dilakukukan diantaranya kegiatan magang/PLP ke sekolah, pengabdian pada masyarakat yang melibatkan sekolah-sekolah penelitian, dan kerjasama dalam bidang olahraga, workshop dan kegiatan keagamaan.

IKIP PGRI Pontianak merupakan lembaga yang fokus mencetak calon guru di Kalimantan Barat.

Banyak alumni IKIP PGRI Pontianak yang mengajar di sekolah mitra, sehingga komunikasi dengan sekolah mitra menjadi lancar.

Halaman
12
Penulis: Anggita Putri
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved