Jelang Idul Adha, Pemkab Landak Sosialisasi Kesejahteraan Cara Potong Hewan Kurban

Pemerintah Kabupaten Landak Melalui Dinas Pertanian Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPPKP) Bidang Peternakan

Jelang Idul Adha, Pemkab Landak Sosialisasi Kesejahteraan Cara Potong Hewan Kurban
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Sosialisasi Kesejahteraan Hewan Dalam Rangka Pemotongan Hewan Kurban 

Jelang Idul Adha, Pemkab Landak Sosialisasi Kesejahteraan Cara Potong Hewan Kurban

LANDAK - Pemerintah Kabupaten Landak Melalui Dinas Pertanian Perikanan dan Ketahanan Pangan (DPPKP) Bidang Peternakan bekerja sama dengan Dinas Pangan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalimantan Barat.

Mengadakan sosialisasi kesejahteraan hewan dalam rangka pemotong hewan  yang digelar di aula Kantor Desa Karangan, Kecamatan Mampawah Hulu pada Rabu (7/8/2019).

Kegiatan ini dibuka oleh Sekretaris DPPKP Landak, Everapat dan dihadiri oleh Kepala Seksi Kesiapan Masyarakat Veteriner yang mewakili Kepala Dinas Pangan, Peternakan dan Kesehatan Hewan provinsi Kalimantan Barat

Kepala Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan (BP2K) Mampawah Hulu, Menjalin dan Sompak, Kepala Desa Karangan, pengurus masjid Sompak, pengurus masjid Karangan dan pengurus masjid Menjalin.

Kegiatan sosialisasi kesejahteraan hewan dalam rangka pemotong hewan qurban ini menghadirkan narasumber langsung dari Kementerian Agama Kabupaten Landak dan Bidang Kesehatan Hewan Dinas Pangan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalimantan Barat.

Tujuan sosialisasi ini agar pelaksanaan pemotongan hewan kurban dapat berjalan dengan prinsip-prinsip kesejahteraan hewan serta pengelolaan daging menerapkan hygiene sanitasi yang baik sehingga mendapatkan daging yang aman, sehat, utuh dan halal (ASUH).

Baca: Pertamina Ultimatum SPBU Yang Jual BBM Pada Oknum Untuk Diperjualbelikan Kembali

Baca: Tips Kesehatan - Cara Benar Pakai Ransel Agar Tak Nyeri Punggung, Jangan Sepelekan!

Baca: Gara-gara Bakar Tumpukan Kayu dan Daun Sawit, Seorang Warga di Riau Ditangkap Polisi

Bupati Landak dr Karolin Margret Natasa Mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh DPPKP bekerja sama dengan Dinas Pangan, Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalimantan Barat.

Menurutnya aspek kesehatan masyarakat veteriner perlu diperhatikan bagaimana pemilihan daging pada saat pemotongan. 

"Saya sangat mengapresiasi kegiatan sosialisasi  kesejahteraan hewan dalam rangka pemotong hewan qurban ini, karena hewan kurban harus sehat, pengelompokan potongan dipastikan agar tetap bersih dan tidak tercampur dengan potongan  yang kotor dan tidak bermanfaat," ujar Karolin.

Halaman
12
Penulis: Alfon Pardosi
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved