Gara-gara Bakar Tumpukan Kayu dan Daun Sawit, Seorang Warga di Riau Ditangkap Polisi

Pelaku menggunakan garuk terbuat dari besi untuk mengumpulkan kayu dan daun sawit yang sudah kering menjadi tumpukan

Gara-gara Bakar Tumpukan Kayu dan Daun Sawit, Seorang Warga di Riau Ditangkap Polisi
TribunnewsBogor.com/Mohamad Afkar Sarvika
Ilustrasi. 

Gara-gara Bakar Tumpukan Kayu dan Daun Sawit, Seorang Warga di Riau Ditangkap Polisi

RIAU- Seorang warga Kampung Teluk Merbau, Kecamatan Dayun, Siak, Riau, SP (34) terpaksa berurusan dengan hukum, Senin (5/8/2019). Dia ditangkap polisi lantaran membakar tumpukan kayu dan daun sawit.

SP diduga ingin membersihkan lahan dengan cara dibakar. Tanpa disangka, kobaran api begitu cepat cepat membesar dan melalap lahan sepanjang sekitar 200 meter milik Iwan, salah satu warga setempat.

"Pelaku menggunakan garuk terbuat dari besi untuk mengumpulkan kayu dan daun sawit yang sudah kering menjadi tumpukan. Setelah itu pelaku membakar tumbukan kayu dan daun sawit kering tersebut dengan menggunakan sebuah mancis," kata Kepala Urusan Hubungan Masyarakat Polres Siak, Bripka Dedek Prayoga, Selasa malam (6/8/2019).

Baca: Sutarmidji : Perlu Penghematan dan Pengaggaran Terarah Terkait APBN

Baca: Jadi Penyangga Kuota Kurban di Pontianak, Tim Pengawas: Di Kubu Raya Belum Ditemukan Sapi Tak Sehat

Dilansir dari Antara, SP terlebih dahulu menyemprotkan sejenis racun tumbuhan ke tumpukan batang sawit yang sudah dipotong. Setelah kering selanjutnya pelaku membuat tumpukan kayu dan daun sawit untuk dibakar.

"Atas kejadian tersebut ditemukan titik api yang sudah membesar, selanjutnya pelaku dan barang bukti diamankan ke Polres guna penanganan lebih lanjut," ungkap Dedek.

Atas perbuatannya, SP dijerat dengan Pasal 56 ayat (1) Jo Pasal 108 Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 39 tahun 2014 tentang Perkebunan atau pasal 69 ayat (1) Huruf h Jo Pasal 108 UU RI No.32 tahun 2009 tentang Perlindungan Dan Pengelolaan Lingkungan Hidup atau pasal 187ayat (1) Kitab Undang-Undang Hukum Pidana.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gara-gara Bersihkan Lahan dengan Dibakar, Pria Ini Ditangkap Polisi"

Editor: Jamadin
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved