Program Unggulan LP2M IAIN Pontianak "Kampung Riset" Hadir Kembali

Ketua LP2M IAIN Pontianak, Sukardi, mengungkapkan jika Kampung Riset merupakan satu-satunya kegiatan yang didesain khusus dalam prakatik penelitian

Program Unggulan LP2M IAIN Pontianak
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ISTIMEWA
Program Unggulan LP2M IAIN Pontianak "Kampung Riset" Hadir Kembali 

Program Unggulan LP2M IAIN Pontianak "Kampung Riset" Hadir Kembali

PONTIANAK - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) IAIN Pontianak kembali akan menyelenggarakan salah satu program unggulannya yaitu Kampung Riset pada 19 sampai 24 Agustus 2019.

Kali ini kegiatan akan dilaksanakan di Kabupaten Sanggau. Pendaftaran peserta Kampung Riset sudah dibuka daro 22 Juli sampai 9 Agustus 2019. Untuk waktu pendaftraan selama jam kerja, pukul: 08.00-15.00 WIB. Tempat pendaftaran di Subag TU LP2M IAIN Pontianak.

Ketua LP2M IAIN Pontianak, Sukardi, mengungkapkan jika Kampung Riset merupakan satu-satunya kegiatan yang didesain khusus dalam format prakatik penelitian yang didampingi langsung oleh para dosen profesional di bidangnya.

Mulai dari perencanaan, implementasi dalam pengumpulan data, pelaporan hingga penulisan artikel ilmiah dan buku.
Ia menambahkan, tujuan kegiatan ini yaitu, pertama, memberikan pengalaman belajar secara langsung di masyarakat, sehingga mahasiswa empati dan peduli terhadap permasalahan masyarakat.

Baca: Mahasiswa KKL IAIN Pontianak di Natuna Ajak Siswa Hafal Alquran, Gunakan Strategi Short Card

Baca: KKL di Natuna, Mahasiswa IAIN Pontianak Ambil Peran di Peringatan Hari Jadi Kabupaten Natuna

Kedua, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk meneliti dengan cara mengaplikasikan ilmu-ilmu yang didapatkan di kampus dalam kehidupan sehari-hari.

Ketiga, membantu menumbuhkembangkan institusi yang ada di masyarakat.

Keempat, sarana sosialisasi sekaligus promosi perguruan tinggi di masyarakat serta upaya pengembangan kelembagaan terutama dikaitkan dengan output yang diperoleh dari kegiatan Kampung Riset.

Baca: LP2M Gelar Pelatihan Penggunaan Plagiasi Checker Turnitin Bagi Seluruh Unit di IAIN Pontianak

Baca: Kelompok 40 KKL Integratif IAIN Pontianak 2019 di Sungai Pinyuh Ikut Serta Kepanitiaan HUT Pramuka

Sasaran kegiatan ini yaitu Mahasiswa IAIN Pontianak.

Dengan persyaratan mengisi formulir di googleforms, fotocopy kartu tanda mahasiswa/mahasiswa aktif, menyerahkan fotocopy karya tulis atau karya dokumenter berbentuk film. 

“Output yang akan dihasilkan dalam kegiatan ini nantinya berupa buku. Hasil dari pengamatan dan riset peserta selama kegiatan berlangsung. Kurang lebih satu minggu peserta akan berbaur dengan masyarakat. Mengamati setiap jengkal kehidupan yang ada di tengah masyarakat," pungkasnya

Penulis: Anggita Putri
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved