Breaking News:

23 Desa Berpartisipasi di Bursa Inovasi Desa di Kecamatan Sajad

Camat Kecamatan Sajad, Jumli mengatakan Program Inovasi Desa atau Bursa Perturan Inovasi Tahun Anggaran 2019

TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Pelaksanaan Kegiatan Bursa Inovasi Desa Kecamatan Sajad 

23 Desa Berpartisipasi di Bursa Inovasi Desa di Kecamatan Sajad

SAMBAS - Sebanyak 23 Desa yang terdiri dari gabungan Desa dari Kecamatan Sajad, Kecamatan Sejangkung dan Kecamatan Sebawi ikut berpartisipasi dalam kegiatan Bursa Inovasi Desa. Yang di laksanakan oleh Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID).

Dengan bantuan dari pendamping Desa yang ada di tiga Kecamatan tersebut. Kegiatan itu berlangsung sukses.

Dalam kesempatan itu, Camat Kecamatan Sajad, Jumli mengatakan Program Inovasi Desa atau Bursa Perturan Inovasi Tahun Anggaran 2019 ini memang dirancang untuk memunculkan adanya inovasi dalam praktik pembangunan Desa.

Oleh karenanya, juga di harapkan mampu memunculkan solusi inovatif untuk menggunakan Dana Desa secara tepat dan seefektif mungkin.

"Melalui Program Inovasi Desa juga diharapkan dapat menjawab kebutuhan Desa-Desa terhadap layanan teknis yang berkualitas," ujarnya, Rabu (31/7/2019).

Baca: Gerindra Kalbar Gelar Musda 2020, Gagal Pilpres Terancam Diganti

Baca: Terungkap! Inilah Dalang Penyelundupan Sabu 2 Kg di Kalbar

Baca: TRIBUNWIKI: Ini Alamat Kantor UPT PPD Wilayah Sanggau

"Strategi yang dikembangkan dalam PPID dilakukan melalui pertukaran pengetahuan dan penyebarluasan secara meluas praktek-praktek kegiatan pembangunan desa yang telah dinilai inovatif, serta melalui penyediaan informasi dan dukungan teknis terhadap penyedia jasa layanan teknis," jelasnya.

Menurutnya, Proses pertukaran pengetahuan dan penyebarluasan praktik pembangunan yang inovatif, akan menjadi efektif jika dilakukan pada saat Desa-Desa sedang dalam proses perencanaan kegiatan pembangunan.

Oleh karenanya, nanti juga di harapkan bisa memberikan solusi u tuk percepatan pembangunan daerah.

"Maksud dari Pelaksanaan Bursa Pertukaran Inovasi adalah Menjembatani kebutuhan Pemerintah Desa akan solusi bagi penyelesaian masalah, serta inisiatif atau alternatif kegiatan pembangunan desa dalam rangka penggunaan dana desa yang lebih efektif dan inovatif," tutupnya.

Penulis: M Wawan Gunawan
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved