PT KJI Berencana Bangun Kawasan Industri di Tayan Hilir, Ini Konsepnya

Ia ingin menunjukkan bahwa Hutan Tanaman Industri (HTI) masa lalu dengan sekarang berbeda. Kita mau investasi murni untuk industri.

PT KJI Berencana Bangun Kawasan Industri di Tayan Hilir, Ini Konsepnya
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/HENDRI CHORNELIUS
Direktur PT Kalbar Jaya Industri (KJI), Budi Cristiaji saat diwawancara awak media di Kantor Bupati Sanggau, Selasa (30/7/2019). 

PT KJI Berencana Bangun Kawasan Industri di Tayan Hilir, Ini Konsep yang Dipaparkan

SANGGAU - Direktur PT Kalbar Jaya Industri (KJI), Budi Cristiaji menyampaikan, Pihaknya berencana membangun industrial estate atau kawasan industri di Kecamatan Tayan Hilir. Investasi itu akan dibangun dilahan seluas 500 hektare.

“Untuk yang kita kembangkan tujuh turunan itu kurang lebih 30 hektare. Jadi kita bangun industrial estate, bukan pergudangan,”katanya usai audiensi bersama Bupati Sanggau, Paolus Hadi diruang kerjanya, Selasa (30/7/2019).

Budi menjelaskan bahwa Bupati Sanggau sangat merespon positif terkait wacana membangun industrial estate atau kawasan industri di Kecamatan Tayan Hilir.

“Dalam arti harus sesuai dengan proses perijinan yang berlaku, Kami sampaikan ke Pak Bupati bahwa kami paling ingin disiplin. Karena target kita ISO, Bicara ISO tidak boleh sembarangan,”tegasnya.

Baca: Yohanes Ontot Resmikan Proyek Infrastruktur Desa Se-Kecamatan Tayan Hilir

Baca: Polsek Tayan Hilir Bekuk Terduga Pelaku Pemerkosaan Terhadap Wanita Paruh Baya

Ia menambahkan, dalam kawasan industri tersebut, nantinya akan ada watertreatment plant, power plant, fasilitas peribadahan, hotel, apartemen, rusun, industri kecil, industri sedang, industri menengah.

“Dan bahkan ada Damkar, ada fasilitasi sekelas Polsek, Babinsa, ada rumah sakit. Dan PLN sudah siap mendukung dan dalam waktu dekat PLN minimal akan memberikan 10 mega watt dalam tahun ini, "ujarnya.

Untuk itulah, Ia ingin menunjukkan bahwa Hutan Tanaman Industri (HTI) masa lalu dengan sekarang berbeda. Kita mau investasi murni untuk industri.

"Kebetulan kita juga punya konsesi lahan HTI, Kita ingin menunjukkan bahwa HTI masa lalu dengan HTI sekarang berbeda. Makanya kita buka juga kawasan hilirnya,”tuturnya.

Dikatakanya, industri yang dikembangkan nantinya bisa memproduksi barang-barang dari bahan baku yang ada di lahan HTI, Sehingga barang-barang yang biasanya menjadi bahan baku ini menjadi barang olahan.

Baca: VIDEO: Suasana Donor Darah PMI Sanggau di PT ICA Tayan Hilir

Baca: Rangkaian Gawai Dayak Kabupaten Resmi Dimulai Dengan Ritual Munjong Khas Tayan Hilir

Halaman
12
Penulis: Hendri Chornelius
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved