Gegertani Apresiasi Dinas Pertanian Kabupaten Sambas Buat Demplot Padi Ringkak Jundung

Juliadi menuturkan, daerah-daerah seperti Kecamatan Pemangakat, Salatiga, Selakau, Selakau Timur dan Semparuk merupakan daerah yang subur untuk padi

Gegertani Apresiasi Dinas Pertanian Kabupaten Sambas Buat Demplot Padi Ringkak Jundung
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Sekretaris Generasi Penggerak Pertanian (Gegertani) Kabupaten Sambas, Juliadi. 

Gegertani Apresiasi Langkah Dinas Pertanian Kabupaten Sambas Buat Demplot Padi Ringkak Jundung

SAMBAS - Sekretaris Generasi Penggerak Pertanian (Gegertani) Kabupaten Sambas, Juliadi mengapresiasi langkah dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sambas, yang mulai melaksanakan pembibitan Beras Pemangkat, Jenis Ringkak Jundung.

"Dengan adanya wacana Demplot terhadap pembibitan padi jenis Ringkak Jundung yang akan di alokasikan sebanyak 50 hektar di Kecamatan Pemangkat, tentu hal tersebut kita apresiasi langkah yang di lakukan oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sambas," ujarnya, Rabu (24/7/2019).

Juliadi mengatakan, beberapa tahun sebelumnya daerah Pemangkat memang di kenal dengan berasnya.

Oleh karenanya, Juliadi mengatakan kejayaan Beras Pemangkat harus di kembalikan lagi.

Baca: Gegertani Ajak Masyarakat Sukseskan PEDA KTNA 2019

Baca: Gegertani Prihatin dengan Anjloknya Harga Padi

"Harus kita kembalikan kejayaan beras pemangkat pada saat ini, dan itu juga sudah berapa kali di singgung-singgung oleh bapak Gubernur Kalimantan Barat untuk mendorong kejayaan beras Pemangkat," ungkapnya.

"Apalagi daerah Kabupaten Sambas merupakan daerah lumbung pangan terbesar di Kalimantan Barat, maka sayang kalau daerah Kabupaten Sambas sendiri tidak memiliki beras unggul yang siap di pasarkan secara global, karena Kabupaten Sambas di istimewakan dengan daerah perbatasan Malaysia Indonesia," jelasnya.

Juliadi menuturkan, daerah-daerah seperti Kecamatan Pemangakat, Salatiga, Selakau, Selakau Timur dan Semparuk merupakan daerah yang subur untuk tanaman padi.

Baca: Gegertani Apresiasi Langkah BPTP Sudah Libatkan Petani

Baca: Gegertani Sambas Kembangkan dan Budidayakan Jamur Tiram

Dan bahkan dari hasil beberapa kali panen, hasilnya ia katakan cukup baik.

Akan tetapi ada kendala terkait dengan harga jual beras. Oleh karenanya, ia meminta agar hadirnya Beras Pemangkat juga harus di imbangi dengan harga yang baik pula.

"Dari berapa kali panen hasilnya juga cukup baik, cuma yang menjadi kendala saat ini masih di keluhkan terkait dengan harga. Jadi kalau nanti ada bibit unggul padi bagus, maka harus di dorong juga dengan harga yang bagus di kalangan petani," tegas Juliadi.

Baca: Di Kunjungi Gegertani Sambas, Ini Kata Peternak Sapi 

Mantan Ketua umum Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Sambas itu juga menegaskan kesejahteraan petani juga perlu di perhatikan.

"Sudah seharusnya petani di Kabupaten Sambas itu sejahtera oleh hasil pertaniannya sendiri, maka harus sama-sama mencarikan solusi terkait kendala yang di hadapi petani ketika panen raya saat ini," tutupnya.

Penulis: M Wawan Gunawan
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved