Erdi: Jika Tidak Cermat, Konferda PDIP Kalbar Berpotensi Konflik

Konferda PDI Perjuangan yang akan dilaksanakan tanggal 20 Juli yang akan datang menjanjikan warna yang masih sangat dinamis.

Erdi: Jika Tidak Cermat, Konferda PDIP Kalbar Berpotensi Konflik
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ FILE
Dr Erdi 

Erdi: Jika Tidak Cermat, Konferda PDIP Kalbar Berpotensi Konflik

PONTIANAK - Pengamat Politik Untan Dr. Erdi, M.Si memberikan prediksi Konferda PDI Perjuangan Kalbar akan berjalan mulus asalkan ada dua aspek tidak disepelekan. 

Kalbar, lanjut Erdi  merupakan provinsi dengan basis pemilih nasionalis dan agamis. PDI Perjuangan Kalbar selama ini tidak memiliki track record konflik yang negatif misalnya terjadi friksi yang berdampak pada terhambatnya kinerja organisasi atau konflik dengan latar belakang suku dan agama. 

"Justru selama kepemimpinan Cornelis sebagai Ketua DPD PDI Perjuangan dan sebagai Gubernur Kalbar  kehidupan bermasyarakatnya sangat kondusif dan banyak perubahan kemajuan yang terlihat," terang Erdi.  

Konferda PDI Perjuangan yang akan dilaksanakan tanggal 20 Juli yang akan datang menjanjikan warna yang masih sangat dinamis.

Cornelis dimungkinkan masih diberi kepercayaan menjadi Ketua DPD atau ada bisa jadi peluang nama baru muncul sebagai penggantinya. Mengingat keputusan ada di tangan DPP dan Ketua Umum Ibu Megawati. 

"Hasil Konferda PDI Perjuangan akan berdampak bukan sekedar kepentingan internal partai, tapi masyarakat luas khususnya basis nasionalis, kultural dan agamis sangat berharap PDI Perjuangan tetap solid tanpa konflik sehingga peran kerakyatannya masih bisa dirasakan," jelas Erdi lagi.

Jika dilihat dari perkembangan peta politik kekuatan PDI Perjuangan di Kalimantan Barat pasca Pileg dan Pilpres 2019 ada dua poros kekuatan yang direpresentasikan di dua dapil. 

Ada nama-nama tokoh yang jika kekuatan mereka disatukan akan menjadi kekuatan nasionalis yang luar biasa.

Baca: Jadwal Indonesia Open 2019 Hari Ini Kamis 18 Juli 2019 Live Trans7 dan Live Youtube Mulai Jam 09.00

Baca: Karolin Harap Pelaksanaan Konferda PDI Perjungan Kalbar Aman dan Sesuai Aspirasi Pengurus

Anggota DPR RI terpilih Lasarus dan Cornelis mewakili dua wilayah kekuatan itu. Figur kepala daerah kader PDI Perjuangan seperti Karolin, Paolus Hadi juga poros kekuatan yang signifikan di Kalimantan Barat.

Selama ini konfigurasi kekuatan tersebut dirasa sangat solid dan PDI Perjuangan Kalbar tetap memiliki prospek yang sangat bagus asalkan kader – kader terbaik ini masih bersatu dan solid mengelola partai. Harus diakui kunci kekuatan PDI Perjuangan adalah persatuan itu sendiri dan itu memang menjadi karakteristik partai nasionalis seperti PDI Perjuangan.

"Konferda PDI Perjuangan Kalbar adalah momentum menyatukan potensi kekuatan tersebut, jangan sampai ada kesalahan dalam pengambilan langkah politik organisasi," tambahnya. 

Dalam analisis lapangan, potensi konfik bisa saja terjadi jika potensi penyatuan kekuatan tersebut tidak dilakukan. Yang ada nanti kelompok-kelompok petualang dan pragmatis yang akan memanfaatkan konflik internal tersebut. 

Kepemimpinan di PDI Perjuangan Kalbar kedepan diharapkan mewakili dan menjadi representasi potensi kekuatan-kekuatan tersebut.

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved