Bangunan Gedung di Pontianak Kini Wajib Miliki Sertifikat Laik Fungsi

"Apabila pemeriksaan dilakukan secara lengkap untuk keseluruhan mungkin bisa diterbitkan pertama kalinya di Kota Pontianak," ujarnya.

Bangunan Gedung di Pontianak Kini Wajib Miliki Sertifikat Laik Fungsi
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/DESTRIADI YUNAS JUMASANI
Pekerja membangun gedung yang rencananya akan digunakan sebagai hotel di Jalan Ahmad Yani, Pontianak, Kalimantan Barat, Selasa (4/4/2017) siang. Seiring besarnya tingkat pertumbuhan hotel di Kota Pontianak diharapkan dapat mendorong perekonomian terlebih di sektor wisata. TRIBUN PONTIANAK/DESTRIADI YUNAS JUMASANI 

Bangunan Gedung di Pontianak Kini Wajib Miliki Sertifikat Laik Fungsi

PONTIANAK - Kepala Bidang Tata Ruang Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Pontianak Alfri menuturkan bahwa setiap bangunan gedung yang akan difungsikan wajib mengantongi Sertifikat Laik Fungsi (SLF) hal tersebut sesuai UU Bangunan gedung, Perda bangunan gedung, peraturan menteri PUPR Nomor 27/n/prt/2018 tentang penyelengggaraan sertifikat laik fungsi bangunan gedung.

"Karena itu penting bahwa bangunan gedung itu memiliki sertifikat laik fungsi. itu wajib karena untuk melihat dari sisi keamanan, keselamatan, fungsional, dan operasional," ujarnya Rabu (17/7/2019)

Ia menerangkan Pemkot Pontianak akan mulai menerapkan SLF di tahun ini untuk bangunan gedung pada Hotel, Rumah Sakit, Supermarket, dan Departemen Store wajib SLF

Baca: Usai MPLS dan Pemilihan Jurusan, Siswa Baru di SMA N 1 Pontianak Sudah Belajar Efektif

Baca: Peduli Lingkungan, TNI, Mahasiswa dan Warga Tanam Pohon di Bantaran Sungai di Kota Pontianak

"Makanya diundang pemilik hotel, rumah sakit, pemerintah atau swasta, supermarket, departemen strore wajib SLF, sehingga kita perlu melakukan sosialiasi," ujarnya.

Ia menjelaskan saat ini pihaknya telah menerima pengajuan pengurus SLF dari beberapa pengelola hotel. Dalam waktu yang relatif dekat, pihaknya akan memproses seluruh berkas dan segera diterbitkan SLFnya jika seluruh pembahasan teknis atau pemeriksaan administratif tuntas.

Baca: Curi Sampo di Minimarket, Pria ini Diciduk Polsek Pontianak Timur

"Apabila pemeriksaan dilakukan secara lengkap untuk keseluruhan mungkin bisa diterbitkan pertama kalinya di Kota Pontianak," ujarnya.

Salah satu hotel yang sudah mengajukan penerbitan SLF adalah hotel Ibis, Ia menerangkan untuk hotel ibis pihaknya akan segera melakukan tindak lanjut terhadap berkas pengajuan SLF.

"SLF ini sangat itu surat keterangan yang dipergunakan untuk verifikasi untuk standarisasi hotel untuk naik kelas," ujarnya.
 

Penulis: Hamdan Darsani
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved