Sebar Berita Hoax Tentang Polri, Polda Kalbar Amankan Pria di Desa Kapur

Pelaku diamankan tanpa perlawanan, tim siber juga mengamankan handphone pelaku yang digunakan untuk memposting berita bohong tersebut.

Sebar Berita Hoax Tentang Polri, Polda Kalbar Amankan Pria di Desa Kapur
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Diduga Sebar Berita Hoax Tentang Polri, Tim Siber Polda Kalbar Ringkus Pria ini 

Sebar Berita Hoax Tentang Polri, Polda Kalbar Amankan Pria di Desa Kapur

PONTIANAK – Seorang Pria berinsial S alias BA (40) diamankan Subdit Siber Crime Polda Kalbar.

BA diringkus lantaran diduga menyebarkan berita bohong. BA diduga menyebarkan hoax, fitnah atau melakukan tindak pidana ITE.

Direktur Reskrimsus Polda Kalbar Kombes (Pol) Mahyudi Nazriansyah mengatakan, BA diamankan Kamis (4/7/2019) di kawasan Jalan Raya Desa Kapur Kubu Raya.

Selain itu Kombes Pol Mahyudi Nazriansyah menjelaskan bahwa tim Siber Polda Kalbar melakukan patroli di dunia maya dan menemukan akun media sosial pelaku pada Rabu (3/7/2019) yang memposting diduga berita bohong terkait Kapolri dengan ditambahi caption yang dibuat pelaku sendiri.

Baca: Pangdam, Gubernur dan Kapolda Kalbar Beri Pembekalan Pasis Dikreg LVII Seskoad di Bandung

Baca: Tim Dit Binmas Polda Kalbar Datangi Poskamling di Sanggau

“Dari hasil temuan terkait postingan hoax tersebut, tim siber melakukan penyelidikan terhadap keberadaan pemilku akun facebook (berinisial SA). Dan didapati alamat di Jalan Raya Desa Kapur Sungai Raya” ungkap Direktur Reskrimsus Polda Kalbar

Pelaku diamankan tanpa perlawanan, tim siber juga mengamankan handphone pelaku yang digunakan untuk memposting berita bohong tersebut.

Direktur Reskrimsus Polda Kalbar mengungkapkan dari hasil introgasi terhadap pelaku, bahwa motif pelaku iseng meneruskan berita bohong dan menambahkan caption.

Baca: Peringati HUT Bhayangkara ke-73, Kapolda Kalbar Tabur Bunga di Pelabuhan Senghie Pontianak

Baca: 911 Polisi Polda Kalbar Naik Pangkat, Ini Pesan Kapolda Didi Haryono

Karena perbuatan isengnya, pelaku terancam dikenakan pasal 45A ayat (1), jo pasal 28 ayat (1) UU No.19/2016 tentang perubahan UU No. 11/2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Direktorat Kriminal Khusus Polda Kalbar juga akan melakukan langkah untuk berkoordinasi dengan saksi Ahli Bahasa Indonesia.

Halaman
1234
Penulis: Hadi Sudirmansyah
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved