Citizen Reporter

Alumni Ponpes Dalwa Adakan Halalbihalal, Hadirkan Habib Zein Baharun

dalam pertemuan ini ada ulama, umara (pemerintah), ada masyarakatnya, kita bersama dalam tujuan baik, inilah pertemuan yang dianjurkan.

Alumni Ponpes Dalwa Adakan Halalbihalal, Hadirkan Habib Zein Baharun
TRIBUNPONTIANAK/ISTIMEWA
Suasana kegiatan halalbihalal Ponpes Dalwa, beberapa waktu lalu   

Alumni Ponpes Dalwa Adakan Halalbihalal, Hadirkan Habib Zein Baharun

Citizen Reporter
Luqman Hakim
Alumni Ponpes Dalwa

PONTIANAK - Keluarga besar alumni Pondok Pesantren Darullughah Wadda'wah (Dalwa), Sabtu malam (15/6/2019), mengadakan halalbihalal alumni, wali santri dan simpatisan yang bertempat di Aula Kodam XII Tanjungpura. 

Tahun ini Alumni Dalwa menghadirkan langsung pimpinan Pesantren Dalwa, Alhabib Ali Zainal Abidin bin Hasan Baharun (yang biasa dipanggil Habib Zein Baharun) dan rombongan 42 Habaib dan para Ustaz Dalwa.  Bagi alumni dapat bersilaturrahmi dengan guru kami merupakan sebuah kebahagiaan yang luar biasa, demikian yang diungkapkan oleh Habib Faisol Al-muthahhar, selaku perwakilan alumni.

Tampak hadir di acara tersebut Gubernur Kalbar yang diwakili oleh Sekda Provinsi kalbar, Sy. Qamaruzzaman.

Wakil walikota Pontianak, Bahasan, wakil Bupati Kab. Kuburaya, Sujiwo, Pangdam XII Tanjungpura, Mayjend TNI Herman Asaribab, Kapolda Kalbar, Irjen Pol Didi Haryono, serta Sultan Pontianak, Syarif Machmud AlQadri.

Baca: Halalbihalal dan Zikir Kebangsaan Bersama KH. Mansur Syihab

Baca: Gelar Halalbihalal dan Dzikir Kebangsaan, Syarif: Kekacauan Bermula dari Penyakit Hati

Tausiah halalbihalal ini disampaikan oleh Habib Dr. Segaf bin Hasan Baharun, Rektor Institut Agama Islam Darullughah Wadda'wah ini menyampaikan bahwa pertemuan semacam ini merupakan pertemuan yang baik.

Karena dalam pertemuan ini ada ulama, umara (pemerintah), ada masyarakatnya, kita bersama dalam tujuan baik, inilah pertemuan yang dianjurkan.

Selanjutnya adik dari habib Ali Zainal Abidin Baharun ini juga menyampaikan bahwa sebagai manusia, Hablum minallah tidaklah cukup, maka dianjurkanlah hablum ninannas, menjalin hubungan yg baik, harmonis, baik seagama, sebangsa, senegara. Menjaga hubungan yg paling susah adalah hablum minannas.

Habib Segaf Baharun juga menguraikan bahwa dalam lagu kebangsaan Indonesia Raya yang sering kita nyanyikan ada lirik yang berbunyi, "bangunlah jiwanya, bangunlah badannya...", maka seyogyanyalah arah pendidikan kita jangan pernah melupakan pembangunan jiwa dan badan.

Baca: Keluarga Besar Untan Gelar Halalbihalal dan Pelepasan Calon Jemaah Haji

Baca: IPNU - IPPNU Kubu Raya Gelar Halalbihalal Lebaran Ketupat

"Membangun ini harus seimbang. Jangan sampai yang dibangun hanya badannya, yang bersifat material semata, tetapi jiwanya kosong dan hampa," ungkapnya.

Untuk itu melalui ajaran agama dan pengamalan ajarannya menjadi spirit pembangun jiwa dan mental. 

Jika jiwa sudah terisi dengan ajaran yang benar, mengikuti ajaran Rasulullah, maka seseorang tidak akan pernah menyakiti orang lain, tidak ada caci maki, hoax dan lain sebagainya, karena Rasulullah tidak pernah mengajarkan kejelekan dan kezhaliman walau pada yang berbeda agama.

Beliau juga mengungkapkan ponpes darullughah wadda'wah tidak berpihak pada kelompok politik tertentu, kita berada diposisi netral, karena kita hanya ingin berdakwah menyebarkan ajaran Rasulullah, demikian sesuai dengan arahan muassis pesantren dalwa Al Habib Hasan bin Ahmad Baharun.

Acara halal bihalal ini dihadiri oleh ratusan alumni baik putra maupun putri dan dimeriahkan dengan lantunan shalawat guna menambah kecintaan pada Nabi SAW.

Penulis: Syahroni
Editor: Ishak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved