Disnakertrans Kalbar Tugaskan Pengawas di Posko Aduan THR Pekerja

epala Bidang Pengawas Tenaga Kerja, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kalimantan Barat Isa Hadad mengatakan pihaknya

Disnakertrans Kalbar Tugaskan Pengawas di Posko Aduan THR Pekerja
Tribun Pontianak/Maskartini
Kabid pengawasan ketenagakerjaan, Drs Sy Isa Hadad, MM 

Disnakertrans Kalbar Tugaskan Pengawas di Posko Aduan THR Pekerja

PONTIANAK - Kepala Bidang Pengawas Tenaga Kerja, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kalimantan Barat Isa Hadad mengatakan pihaknya telah menugaskan pengawas untuk membentuk posko-posko aduan di seluruh Kabupaten/Kota sebagai langka antisipasi timbulnya keluhan dari pekerja terkait pelaksanaan pembayaran THR.

"Didaerah telah dibentuk posko-posko aduan mengenai THR sebagai bentuk tindak lanjut dari surat edaran gubernur Kalbar," ujarnya.

Ia menjelaskan keberadaan posko tersebut untuk memperoleh kebenaran informasi terkait masalah pembayaran THR. Jika ada laporan memenuhi unsur adanya dugaan pelanggaran pembayaran THR oleh perusahaan, maka akan segera diambil tindakan sesuai peraturan perundangan-undangan.

Baca: Bukber ORMAWA Sebagai Ajang Penguatan Sinergitas Internal Kampus

Baca: Puasa Karena Iming-iming Hadiah

Baca: Resmi Jadi Bujang dan Dara Gawai Dayak ke 34, Ini Rencana Awal Finalis Wujudkan Visi dan Misinya

"Tunjangan Hari Raya paling lambat 7 Hari sebelum hari H sudah harus di cairkan," ujarnya.

Ia menjelaskan jika didapati perusahaan tidak membayar THR terdapat sanksi yang bisa dijatuhkan yakni penambahan pembayaran THR sebesar 5 persen dari upah.

"Dengan pemberian sanksi itupun tidak akan menggugurkan kewajiban pemberi kerja untuk mencairkan THR kepada pekerja," ujarnya.

Dirinya memaparkan bagi pekerja yang mempunyai masa kerja satu bulan secara terus menerus tetapi kurang dari 12 bulan wajib diberikan THR secara proporsional sesuai masa kerja dengan perhitungan masa kerja dibagi 12 dikali 1 bulan upah.

"Bagi pekerja/buruh yang telah mempunyai masa kerja lebih dari setahun wajin diberikan THR satu bulan upah," pungkasnya.

Penulis: Hamdan Darsani
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved