Gawai Adat Dayak XXXIV

Yuk Saksikan Lomba Menganyam Manik Hari Ini

Lomba menganyam manik yang merupakan bagian dari kegiatan PGD ke 34 berlangsung hingga jam 17.00 WIB di rumah Radankg Pontianak

Yuk Saksikan Lomba Menganyam Manik Hari Ini
TRIBUNPONTIANAK/Marpina Sindika Wulandari
peserta lomba menganyam manik hari pertama 

Yuk Saksikan Lomba Menganyam Manik Hari Ini

PONTIANAK - Lomba menganyam manik yang merupakan bagian dari kegiatan PGD ke 34 berlangsung di rumah Radankg Pontianak, pada perlombaan ini terdapat 4 orang peserta. Jumlah peserta ini menurun dibandingkan tahun hal ini di katakan Diego selaku Koordinator lomba menganyam manik dikarenakan kurangnya sosialisasi dari panitia kegiatan, dan waktu yang singkat sehingga masyarakat banyak yang tidak mengetahui adanya perlombaan, Jumat (24/05/2019) pagi.

Pada perlombaan kali ini peserta diminta membuat anyaman berupa peci, dalam waktu dua hari. Diego menyakinkan waktu yang diberikan pasti cukup, karena peserta sudah terampil dalam menganyam dan memang waktu yang diperlukan sekitar dua hari.

"Untuk lomba ini kita kasi waktu dua hari, ya kami yakin itu cukup. Karena menganyam peci ini memang waktu nya segitu," ungkapnya.

Baca: Perhapi Nilai SIG Penting Diketahui Oleh Pemerintah Desa

Baca: RAMALAN SHIO Jumat 24 Mei 2019, Posisi Kelinci Kuat, Lakukan Terbaik Tikus, Cek Juga Shio Lainnya!

Baca: Kisah Pengasuh Panti Asuhan Catur Dharma Yatim Pepabri, Ikhwan Teringat Pesan Orang Tua

Perlombaan ini di mulai pukul 09:00 WIB hingga pukul 17:00 WIB, di rumah Radank Pontianak, Kamis (23/05/209) hingga Jumat (24/05/2019). Pada perlombaan ini peserta juga diwajibkan menggunakan busana adat Dayak.

Diego menjelaskan ada 4 kriteria penilaian dalam perlombaan tersebut, pertama dari tingkat kerumitan motif, kedua dari teknik menganyam, ketiga keserasian warna dan yang terakhir keseluruhan dari hasil anyaman tersebut.

"Lomba ini ada 4 kriteria penilaian, motifnya, keserasian warna, teknik menganyam, sama hasil akhirnya," jelasnya.

Harapan panitia dengan diadakannya lomba ini, agar semakin banyak masyarakat yang mau belajar dan melestarikan kesenian menganyam manik tersebut.

Sejatinya menganyam manik juga mengajarkan kita untuk belajar bersabar, terus mengasah kreativitas dan tentunya ada nilai ekonomi yang terdapat dari anyaman tersebut. Diketahui harga anyaman manik berupa peci biasanya paling murah di bandrol dengan harga Rp 250 ribu, dan itupun untuk tingkat kerumitan motif yang biasa. (Marpina Sindika Wulandari)

Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved