Dinkes Pastikan Penyakit Cacar Monyet Belum Ditemukan di Sintang

dr Harysinto Linoh memastikan bahwa penyakit cacar monyet atau monkeypox belum ditemukan di Kabupaten Sintang

Dinkes Pastikan Penyakit Cacar Monyet Belum Ditemukan di Sintang
TRIBUNPONTIANAK/tribunnews
cacat monyet 

Dinkes Pastikan Penyakit Cacar Monyet Belum Ditemukan di Sintang

SINTANG - Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Kabupaten Sintang, dr Harysinto Linoh memastikan bahwa penyakit cacar monyet atau monkeypox belum ditemukan di Kabupaten Sintang, bahkan secara umum di Provinsi Kalimantan Barat.

"Satu pun belum ada kasus di Sintang, bahkan di Kalbar juga belum ada kasusnya. Kemarin itu itu baru ada ditemukan di Batam, itupun baru isunya. Kita belum dapat rilis dari Kementerian Kesehatan," katanya, Selasa (14/5/2019) pagi.

Lanjutnya bahwa sebenarnya cacar monyet adalah penyakit virus yang ditularkan biasanya dari hewan seperti tikus ataupun monyet. Makanya kemudian diberikan nama cacar monyet.

Baca: Cewek Berhijab Sering Tak Pede Lihat Kulit Wajahnya Belang, Ini 3 Cara Jitu Mengatasi !

Baca: Tambah Pasokan, Pertamina Imbau Masyarakat Tak Khawatir Dapatkan LPG Subsidi

Baca: Prediksi Line Up Arema FC Vs PSS Sleman Shopee Liga 1 Live Indosiar Pukul 20.30 WIB

Gejalanya pun hampir sama seperti penyakit cacar air. Bagi seseorang yang mempunyai daya tahan tubuh yang bagus, maka hanya kemungkinan kecil bisa terkena penyakit ini. Jika pun terkena, maka akan sembuh dengan sendirinya.

"Namun yang kita takutnya di saat daya tahan tubuh kita lemah sehingga bisa terjadi komplikasi dan macam-macam, misalnya ke paru-paru bisa, ataupun penyakit lain," terangnya.

Oleh karena itu, untuk menghindari terkena penyakit cacar monyet, menurutnya hal yang paling tepat dilakukan adalah menghindari hewan-hewan yang kemungkinan menularkan penyakit ini, yaitu monyet dan tikus.

Penulis: Wahidin
Editor: Maskartini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved