Bawaslu Pontianak Buka Ruang Elemen Masyarakat Dapatkan Data Salinan C1

Kordiv Hukum, Data dan Informasi Bawaslu Kota Pontianak, Isfiansyah mengungkapkan jika pihaknya membuka ruang untuk elemen masyarakat

Bawaslu Pontianak Buka Ruang Elemen Masyarakat Dapatkan Data Salinan C1
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ HAMDAN
Anggota Bawaslu Kota Pontianak, Isfiansyah 

Bawaslu Pontianak Buka Ruang Elemen Masyarakat Dapatkan Data Salinan C1

PONTIANAK - Kordiv Hukum, Data dan Informasi Bawaslu Kota Pontianak, Isfiansyah mengungkapkan jika pihaknya membuka ruang untuk elemen masyarakat mendapatkan data salinan C1.

"Di Bawaslu Pontianak untuk permintaan salinan C1 memang kita memberikan kepada publik, sesuai dengan keterbukaan informasi publik, bagaimana kita melayani publik untuk permintaan data salinan C1. Salinan C1 ini telah kita serahkan pada sejumlah pemohon baik penyelenggara pemilu hingga dengan peserta pemilu, berdasarkan hasil catatan kami sejak selesainya pemilu kemarin ada sekitar 14 lembaga baik terdiri dari penyelenggara pemilu maupun peserta pemilu," katanya, Senin (06/05/2019).

Hal ini pun, lanjutnya, sesuai intruksi dengan Bawaslu Provinsi dan Bawaslu RI, untuk pelayanan pemberian data salinan C1 tetap diberikan karena salinan C1 bersifat terbuka untuk umum.

Baca: Agenda Wali Kota Pontianak Edi Kamtono Hari Pertama Bulan Puasa

Baca: Hujan Berpotensi Terjadi di Sejumlah Pelabuhan di Kalbar

Baca: Sebut Luna Maya Diundang Dalam Dinner Resepsinya, Akun Ini Tunjukkan Bukti Syahrini Bohong

"Setiap permintaan dengan bersurat yang resmi, kita layani sesuai kebutuhan, salinan C1 tersebut berbentuk scan dan ada yang fotocopy," katanya.

Menurutnya, berdasarkan isi surat yang diterima mayoritas yang meminta salinan C1 untuk mensingkronkan data internal.

"Siapapun, karena ini kebutuhan informasi publik, ya memang buka rahasia, jadi terbuka, silahkan bersurat dan resmi, keperluannya seperti apa kita berikan, salinan C1. Ini bentuk transparansi kita agar pemilu jujur, adil dan transparan untuk masyarakat," imbuhnya.

Namun, Isfiansyah mengingatkan agar kemudian elemen masyarakat ataupun peserta pemilu tetap dapat mensingkronkan data salinan C1 yang diterima dari Bawaslu dengan KPU.

"Pleno tingkat kecamatan juga kemarin berlangsung, jadi kita berpesan kepada yang meminta data salinan C1 untuk dapat mensingkronkan data kepada KPU karena C1 ini diterima dari KPPS," katanya.

Penulis: Ridho Panji Pradana
Editor: Madrosid
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved