Liputan Khusus

Biaya Masuk Kedokteran Untan Rp 250 Juta

Aswandi mengatakan, sistem masuk perguruan tinggi biasanya melalui tiga jalur dari SNMPTN, SBMPTN, dan Jalur Mandiri.

Biaya Masuk Kedokteran Untan Rp 250 Juta
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ISTIMEWA
Sutarmidji memberikan kuliah umum pada mahasiswa baru Fakultas Kedokteran Untan beberapa waktu lalu 

PONTIANAK - Biaya masuk di Prodi S1 Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Untan untuk Jalur Seleksi Mandiri terbilang fantastis. Orangtua calon mahasiswa harus merogoh kocek menyiapkan biaya awal hingga Rp 250 juta.

Tribun mewawancarai dua mahasiswa Fakultas Kedokteran dari Jalur Mandiri yang mengaku mengeluarkan duit ratusan juta untuk uang sumbangan fakultas atau Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI).

Tribun juga mewawancarai seorang mahasiswa Fakultas Kedokteran dari Jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Mahasiswa pertama Fakultas Kedokteran yang Tribun temui merupakan angkatan 2018. Perempuan yang tak ingin disebutkan namanya ini lulus melalui Jalur Mandiri.

Baca: Minta Kasus Pengeroyokan Siswi SMP Diproses Hukum, Sutarmidji Sebut Sekolah Tak Mengajarkan Adab

Selain membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT), saat masuk kuliah semester awal orangtuanya harus menyiapakan uang dari Rp 150 juta sampai Rp 250 juta untuk sumbangan fakultas.

"Biaya ini diminta dan melalui kesepakatan antara fakultas dan orangtua calon mahasiswa. Besaran biaya yang harus dikeluarkan disesuaikan dengan rangking yang diperoleh calon mahasiswa dan pertimbangan lainnya," ujar kata mahasiswi asal luar Kota Pontianak ini kepada Tribun, Senin (1/3).

"Saya masuk melalui Jalur Mandiri, untuk uang UKT persemester yang harus saya bayar sebesar Rp 10 juta untuk UKT 5. Biaya sumbangan fakultas dikenakan Rp 250 juta," tambahnya.

Mahasiswi kedua yang Tribun wawancarai juga mengaku orangtuanya juga harus mengeluarkan duit Rp 150 juta hingga Rp 250 juta. Khusus untuk uang sumbangan ini, pembayarannya bisa dicicil hingga selesai kuliah.

"Biaya itu katanya untuk pembangunan gedung dan fasilitas. Orangtua saya tidak keberatan dengan hal itu," katanya.

Baca: Kasus Audrey Jadi Sorotan Dunia, Hotman Paris Minta Jokowi Segera Tangani

Baca: Harap Dilibatkan di Musrenbang Tingkat Provinsi, Forum Anak akan Perjuangkan Pendidikan

Ia dan orangtuanya sudah membandingkan biaya yang harus dikeluarkan jika kuliah pada Prodi yang sama di universitas lainnya di luar Kalbar. Biaya kuliah yang harus mereka keluarkan lebih mahal dibanding Untan.

Halaman
1234
Penulis: Anggita Putri
Editor: Jamadin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved