Pembiayaan Ultra Mikro Perempuan Pra Sejahtera Capai Rp 7 T, PNM Pontianak Gelar Sosialisasi

perempuan prasejahtera yang memiliki usaha kecil dapat menggunakan fasilitas pembiayaan Ultra Mikro melalui beberapa program unggulan.

Pembiayaan Ultra Mikro Perempuan Pra Sejahtera Capai Rp 7 T, PNM Pontianak Gelar Sosialisasi
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID/ ANGGITA PUTRI
Anggota Komisi XI DPR RI Michael G Jeno (batik merah) dan para peserta sosialisasi Pembiayaan Ultra Mikro Sinergi Pembiayaan Ultra Mikro Dalam Mengangkat Perekonomian Rakyat di Wisma Jeruju, Pontianak Barat, Jumat (5/4/2019). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Anggita Putri

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, TRIBUN - PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM bersinergi dengan Pusat Investasi Pemerintah (PIP) menggelar kegiatan sosialisasi Pembiayaan Ultra Mikro kepada masyarakat di Kota Pontianak di Wisma Jeruju, Pontianak Barat, Jumat (5/4/2019).

Kegiatan sosialisasi dihadiri dari Pusat Investasi Pemerintah, R Nurhidayat selaku Direktur Kerjasama Pendanaan PT PNM yang diwakili Pemimpin Cabang Pontianak, Hengky Taniardy,
KPI Divisi Mekaar Wilayah II Yoke Paramita, anggota Komisi XI DPR RI, Michael Jeno, dan ratusan perempuan prasejahtera pelaku usaha Ultra Mikro.

Melalui kegiatan sosialisasi tersebut, masyarakat di Pontianak khususnya perempuan prasejahtera yang memiliki usaha kecil dapat menggunakan fasilitas pembiayaan Ultra Mikro melalui beberapa program unggulan.

Satu di antaranya melalui program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) dari PNM. Program Mekaar memberikan pembiayaan dan pendampingan usaha kepada perempuan prasejahtera pelaku usaha Ultra Mikro.

Baca: BREAKING NEWS: Kebakaran di Kota Baru, Seorang Pria Lanjut Usia Tewas Terpanggang

Baca: Menteri Sri Mulyani Raih Penghargaan Sebagai Menteri Keuangan Terbaik di Asia Pasifik

Anggota Komisi XI DPR RI Michael G Jeno dalam paparannya menyampaikan, bahwasanya Komisi XI membawahi bidang ekonomi selalu komit untuk terus-menerus menggerakkan perekonomian Indonesia. Hal itu tentu tidak hanya untuk para pelaku usaha besar, tapi juga membantu usaha kecil dari berbagai aspek, terutama aspek usaha permodalan.

Permodalan untuk sekmen paling bawah, yakni Ultra Mikro. Sejak dua tahun lalu melalui Pihak Investasi Pemerintah (PIP) program ini masih terus bergulir. Hingga pada tahun 2019 sesuai kesepakatan dengan Menteri Keuangan dana yang dianggarkan tak tanggung-tanggung, sebesar Rp 7 triliun.

Dana ini akan disebarkan dan disalurkan kepada keluarga-keluarga pra sejahtera yang memenuhi berbagai kriteria untuk jadi pelaku usaha Ultra Mikro.

"Kita harapkan tahun ini sudah ada 4,4 juta hingga 6 juta nasabah yang dapat permodalan Ultra Mikro ini. Nah dari situ kita harapkan ekonomi rakyat dari lapisan paling bawah, keluarga-keluarga, terutama kaum ibu untuk meningkatkan perekonomian hingga keluarga menjadi kesejahteraan,” kata Michael dalam paparannya.

Jadi menurutnya sangat jelas komitmen dari pemerintah yang didukung DPR RI melalui Komisi XI yang membawahi bidang ekonomi bersama dengan mitra kerjanya, kementerian keuangan untuk menyalurkan permodalan untuk usaha mikro ini dari segi permodalnya.

Halaman
12
Penulis: Anggita Putri
Editor: Didit Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved